nusabali

Putu Edi Dkk Lancar Jalani Tes Fisik

  • www.nusabali.com-putu-edi-dkk-lancar-jalani-tes-fisik

JAKARTA, NusaBali - Atlet biliar I Putu Edi Wirawan bersama empat pebiliar Bali yang lolos PON 2024 Aceh-Sumatera Utara menjalani tes fisik di KONI Bali, Minggu (31/3). Selama menjalani proses tes fisik, Putu Edi mengaku lancar.

"Tes fisik berjalan lancar dan tidak ada kendala," ujar Putu Edi, Senin (1/4). 

Menurut Putu Edi, cabor biliar agak berbeda dengan cabor lain yang lebih mengutamakan bagian fisik. Karena itu, tes fisik yang dijalani bersama teman-temannya berkisar satu jam, pada pukul 11.30 WITA.

"Selesai jam 12.30an sehingga hanya satu jam," kata Putu Edi.

Tes fisik yang dijalani, antara lain lari-lari kecil, sit up 4-5 kali dan konsentrasi atau keseimbangan. "Satu kaki kami angkat. Satu lagi untuk pijakan. Sementara kedua tangan dipinggang dan mata dipejamkan. Lalu tahan beberapa detik. Semua tes itu, saya jalani dengan lancar," kata Putu Edi.

Selain itu, Putu Edi juga tidak terlalu memaksakan diri, tapi mengikuti alur yang ada. "Yang terpenting melakukan gerakan fisik agar otot tidak ketarik," kata Putu Edi. 

Selesai menjalani tes fisik, Putu Edi menjalani latihan mandiri. Menurut Putu Edi, Pelatda PON bagi atlet Bali baru berlangsung akhir Juni sampai Agustus 2024. Jadi, masih ada waktu dua bulan untuk mempersiapkan diri, meski hal itu dinilai terlalu pendek.

Pasalnya, kata Putu Edi, atlet biliar daerah lainnya mempersiapkan diri sejak awal 2024. Bahkan, ada yang training camp enam bulan demi mempersiapkan diri ke PON. Untuk itu, Putu Edi tidak terlalu memasang target tinggi di PON 2024. "Target saya, semoga mendapatkan medali di PON," ucap Putu Edi. 

PON 2024 menjadi kiprah perdana anak pertama dari empat bersaudara itu. Persaingan di PON, lata Putu Edi, akan berlangsung ketat. Sebab, sejumlah lawan kuat bakal dihadapi, antara lain atlet dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan tuan rumah Sumut. 

"Atlet-atlet dari daerah tersebut sudah mempersiapkan diri sejak awal tahun 2024, tapi saya tetap optimis mendapatkan medali untuk Bali," kata Putu Edi.

Selain Putu Edi, empat atlet biliar Pulau Dewata lainnya yang berlaga di PON 2024 adalah Preti Septiana Lestari (Ana) di kelas bola 10 single putri, Desak Raka Kasih Ariati di nomor 9 ball single putri, Irwan Limardi di kelas bola 8 single dan I Kadek Sugiarta yang berpasangan dengan Putu Edi di nomor six red. k22

Komentar