nusabali

Garam Spa Kusamba Mejeng di Pusat Oleh-oleh

  • www.nusabali.com-garam-spa-kusamba-mejeng-di-pusat-oleh-oleh

GIANYAR, NusaBali - Garam Spa Kusamba merupakan produk kecantikan yang sangat terkenal dan mulai menembus pasar internasional. Semula garam spa dari Desa Kusamba Kabupaten Klungkung ini hanya diolah masyarakat sebagai garam murni.

Berkat program Pahlawan Ekonomi Nusantara atau PENA Kementerian Sosial, Garam Spa Kusamba naik kelas dan digunakan di spa-spa kecantikan papan atas. Garam spa ini dipajang dan dipasarkan di Pusat Oleh-oleh Krisna Bali di Gianyar. 

Garam Spa Kusamba semula diolah secara tradisional. Pada tahun 2022, Kementerian Sosial bekerja sama dengan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya membangun sistem tunnel di Desa Kusamba yang dikelola kelompok petani garam Sarining Segara beranggotakan 17 orang. 

Sistem tunnel ini membuat produksi garam lebih efisien dan dapat meningkatkan kualitas serta kuantitas garam yang diproduksi. 

Garam Kusamba terus ditingkatkan mutunya melalui pelatihan pemberdayaan dari Kemensos berupa pengolahan garam spa kepada 17 orang kelompok petani garam. Pelatihan berlangsung pada Desember 2023 lalu. Selain pelatihan, Kemensos juga memberikan bantuan berupa mesin pengolahan garam spa, rumah produksi garam spa berukuran 5m x 6m serta membantu pengurusan izin usaha Garam Spa Kusamba. 

Membantu memasarkan produk-produk tersebut ke kalangan yang lebih luas, Kementerian Sosial bekerja sama dengan Pusat Oleh-oleh Krisna Bali. “Selama saya masih diberi kesempatan hidup, saya akan terus membantu masyarakat. Ini salah satu bentuk saya membantu pemerintah untuk memberdayakan masyarakat,” kata Ajik Krisna di hadapan Mensos Tri Rismaharini saat peluncuran produk di outletnya beberapa waktu lalu. 7 nvi

Komentar