nusabali

Maskapai RI Dominasi Daftar “Tidak Aman”

  • www.nusabali.com-maskapai-ri-dominasi-daftar-tidak-aman

Lembaga peneliti penerbangan internasional, Airlineratings mengeluarkan hasil riset mereka terhadap maskapai penerbangan di seluruh dunia. 

Qantas Airlines, maskapai paling aman di dunia tiga tahun berturut-turut

JAKARTA, NusaBali 
Hasilnya, siap-siap saja kecewa. Soalnya, maskapai Indonesia mendominasi daftar maskapai yang “Tidak Aman”. Sementara maskapai yang masuk daftar “Paling Aman” di dunia tahun ini adalah Qantas Airlines.
 
Dilansir dari cnn, Rabu (6/1), Ailineratings menempatkan tingkat kemananan Qantas di posisi paling atas dari 407 maskapai yang mereka teliti di seluruh dunia. Qantas telah menempati predikat maskapai terbaik sejak 3 tahun yang lalu. Maskapai ini tercatat tidak pernah mengalami insiden serius yang menyebabkan korban tewas selama 3 tahun terakhir. Ada 19 maskapai lain di bawah Qantas yang juga mendapatkan predikat terbaik untuk tahun 2016 ini.
 
Maskapai tersebut adalah American Airlines, Alaska Airlines, All Nippon Airways, Air New Zealand, Cathay Pacific Airways, Emirates, Etihad Airways, EVA Air, Finnair, Hawaiian Airlines, Japan Airlines, KLM, Lufthansa, Scandinavian Airline System, Singapore Airlines, Swiss, United Airlines, Virgin Atlantic and Virgin Australia. CNN menyebut urutan penulisan 20 maskapai tersebut bukan berdasarkan peringkat, melainkan hanya diurut berdasarkan alfabet.
 
"20 Maskapai paling aman ini adalah yang selalu berada di garis depan inovasi keselamatan, keunggulan operasional dan peluncuran pesawat yang semakin maju," kata editor AirlineRatings.com Geoffrey Thomas dilansir detik.
 
Thomas mengatakan, maskapai penerbangan selalu menjadi buah bibir dalam hal keunggulan keamanan. Namun tidak ada pertanyaan di antara editor yang Qantas tetap menonjol dalam peningkatan keamanan dan praktik terbaik.
 
Airlineratings juga merilis 10 pesawat dengan harga termurah. Dalam urutan alfabet, mereka adalah: Aer Lingus, Flybe, HK Express, Jetblue, Jetstar Australia, Thomas Cook, TUI Fly, Virgin America, Volaris and Westjet..
 
Maskapai Tidak Aman
Selain merilis data maskapai paling aman 2016, lembaga pemeringkat AirlineRatings juga punya daftar yang tidak aman. Sayangnya, maskapai Indonesia mendominasi dalam daftar ini.
 
Dari 407 maskapai yang dinilai, 148 maskapai di antaranya mendapatkan bintang 7, angka paling tinggi. Ratusan lainnya mendapat nilai 4-6. Sekitar 50 maskapai mendapatkan bintang 3 atau kurang. Nah, rupanya ada yang mendapat nilai paling jelek alias bintang 1. Menurut AirlineRatings, inilah maskapai yang dianggap tidak aman. Ada 10 maskapai dengan nilai paling buruk, sedihnya banyak maskapai Indonesia disebutkan di sana.
 
10 Maskapai dengan nilai hanya 1 bintang sesuai abjad adalah Batik Air, Citilink, KalStar Aviation, Lion Air, Nepal Airlines (Nepal), Sriwijaya Air dan Nam Air, Tara Air (Nepal), TransNusa, Wings Air dan Expres Air.
 
Selain itu ada sejumlah maskapai yang belum dinilai. AirlineRatings menyebut statusnya Safety Rating Pending. Maskapai tersebut adalah AirAsia Indonesia, Merpati Airlines, Rex Australia, Trigana Air. Untuk Merpati Airlines sudah stop operasi sejak 2014, namun entah kenapa AirlineRatings tetap memasukannya dalam daftar.
 
Terkait dengan penilaian AirlineRatings, sejumlah media seperti Daily Mail Inggris juga mempertanyakan akurasi penilaian mereka. Dilihat dari Daily Mail, mereka menyoroti maskapai Malaysia Airlines yang diberi nilai bintang 5 oleh AirlineRatings, padahal mengalami dua kecelakaan paling fatal dengan korban ratusan orang. 7
 
Daftar Maskapai Paling Aman
Qantas Airlines
American Airlines
Alaska Airlines
All Nippon Airways
Air New Zealand
Cathay Pacific Airways
Emirates
Etihad Airways
EVA Air
Finnair
Hawaiian Airlines
Japan Airlines
KLM
Lufthansa
Scandinavian Airline System
Singapore Airlines
Swiss
United Airlines
Virgin Atlantic
Virgin Australia

Komentar