nusabali

Polresta Denpasar Antisipasi Pengamanan Lebaran

  • www.nusabali.com-polresta-denpasar-antisipasi-pengamanan-lebaran

Pemkot Denpasar menyiapkan posko di kawasan strategis. Sementara Pemkab Badung antisipasi titik rawan, salah satunya di kawasan Kuta.

DENPASAR, NusaBali
Pengamanan pada jalur-jalur utama mudik, pengawasan pada titik rawan kriminalitas, penertiban parkir liar, hingga program pasar murah dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah yang diselenggarakan Polresta Denpasar, Sabtu (30/3).

Wakapolresta Denpasar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana menekankan pentingnya kerjasama antarberbagai pihak terkait untuk menjaga keamanan selama libur Lebaran. 

AKBP Bayu menyampaikan bahwa lonjakan aktivitas masyarakat selama Hari Raya Idul Fitri, baik mereka yang melakukan mudik maupun yang berkunjung ke Pulau Bali, menuntut perhatian khusus dalam pengamanan. 

“Sinergitas antara pemangku kepentingan diharapkan dapat menghasilkan kerjasama yang efektif dalam pelaksanaan pengamanan, dengan memprioritaskan sikap humanis serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya dalam rapat yang digelar di Gedung Pesat Gatra Lantai III Polresta Denpasar Jalan Pulau Komodo, Dauh Puri Klod, Kecamatan Denpasar Barat, Sabtu lalu. Rapat dihadiri perwakilan dari berbagai instansi, termasuk dari Pemkot Denpasar, Pemkab Badung, Kodim 1611 Badung, tokoh adat, tokoh agama, serta pejabat utama Polresta Denpasar dan jajaran Polsek.

Dalam paparannya, Kabag Ops Polresta Denpasar Kompol I Ketut Tomiyasa, menjelaskan bahwa Operasi Ketupat Agung 2024, yang merupakan operasi terpusat langsung dari Mabes Polri, mengarahkan fokus pengamanan pada jalur-jalur utama, masyarakat yang melakukan mudik, serta penanganan peningkatan volume kendaraan selama periode mudik. Kerja sama dengan stakeholder lainnya menjadi kunci dalam menjaga keberhasilan operasi ini.

Kasatpol PP Kabupaten Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, menekankan pentingnya kolaborasi antara Polresta Denpasar dan pemerintah kabupaten dalam menjaga keamanan, terutama di wilayah Kuta yang sering menjadi titik rawan. Langkah konkret seperti penertiban parkir liar di pinggir jalan menjadi salah satu prioritas dalam upaya menjaga ketertiban.

Kepala Dishub Kota Denpasar I Ketut Suryawan, menyampaikan bahwa pemerintah kota telah mengambil langkah-langkah pengamanan dengan mendirikan posko di beberapa titik strategis di wilayah Kota Denpasar. Program pasar murah yang digagas oleh Walikota Denpasar juga menjadi bagian dari upaya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama periode libur Idul Fitri. 7 cr79

Komentar