nusabali

Wira - Suryani Duta GenRe Karangasem 2024

  • www.nusabali.com-wira-suryani-duta-genre-karangasem-2024

AMLAPURA, NusaBali - Sekdakab Karangasem I Ketut Sedana Mertha mengukuhkan, sepasang Duta GenRe (Generasi Berencana) Karangasem 2024, dalam acara Grand Final di Gedung Mall Pelayanan Publik, Jalan Gajah Mada, Amlapura, Sabtu (23/3). Duta GenRe Karangasem 2024, yakni Komang Wira Sutirtayasa dari PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja) Jnana Yoga SMAN 1 Amlapura dan Ni Luh Suryani dari PIK-R Kumbara SMAN Kubu.

Keduanya dinobatkan sebagai Duta GenRe Karangasem 2024, setelah di babak final menyingkirkan semua lawan-lawannya se-Karangasem. Peserta GenRe itu, dari delapan kecamatan se-Karangasem masing-masing kecamatan mengirim satu pasang. Selanjutnya setelah melakukan babak penyisihan, berupa test tulis, wawancara diikuti 8 pasang, menyisakan 7 pasang, dari 7 pasang itu, diadu di atas panggung kemudian menyisakan 5 pasang, kembali diadu hingga terakhir menyisakan 3 pasang untuk mencari yang terbaik.

Lima Dewan juri yang memberikan penilaian, I Gede Dedy Artho dari Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem, I Komang Sudiatmika, Muhammad Kholis, Made Billy Udiana Sudibia dari Pembina Forum GenRe Indonesia Provinsi Bali, dan I Kadek Jayanta.

Penilaiannya mencakup kemampuan public speaking, etika kepribadian, pengetahuan terkait GenRe, pengetahuan adat dan budaya, kemampuan bidang kesehatan terutama cara mengatasi stunting, dan reproduksi, dan kemampuan personal branding.

Dedy Artho usai lomba mengatakan, harapannya ke depan agar yang menjadi Duta GenRe mampu sebagai pembawa informasi bidang kesehatan reproduksi, agar masa depan pendidikan terencana, karier terencana, dan menjadi remaja tangguh.

Di samping itu, kata Dedy Artho, ajang pemilihan Duta GenRe untuk memilih remaja sebagai figur teladan serta motivator di kalangan remaja, ke depan berperan memberikan edukasi, wawasan kepada generasi remaja tentang kesehatan reproduksi. "Juga yang sangat penting untuk menciptakan remaja bebas narkoba, menghindari seks bebas, tidak melakukan pernikahan dini," jelas Dedy Artho.

Runner Up I diraih I Gusti Ngurah Agastya Putra dan Ni Kadek Ari Pratiwi Andani, sedangkan runner up II I Made Reeyza dan I Dewa Ayu Utari Mahayani. Peraih Duta Genre Karangasem 2024, Komang Wira Sutirtayasa mengatakan, ke depan penting berkolaborasi dengan Duta Anak Daerah Karangasem dan Jegeg-Bagus Karangasem. "Agar lebih cepat bergerak dan mampu berkontribusi untuk membangun Karangasem lebih baik," jelas siswa kelas XI/2 SMAN 1 Amlapura asal Banjar/Desa Tegalinggah, Kecamatan Karangasem.

Sedangkan rekannya, Ni Luh Suryani juga berupaya mengedukasi kalangan remaja di bidang pendidikan, dan kesehatan. "Berharap nantinya mampu jalankan program kerja, ibarat tunas kelapa, semakin berkembang selalu memberikan manfaat," jelas siswi kelas XI IPS SMAN Kubu, yang bercita-cita jadi guru.

Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem I Komang Daging mengatakan Duta GenRe Karangasem 2024, sebagai wakil Karangasem di pemilihan Duta GenRe Bali 2024, April mendatang. Hadir, pemenang Duta GenRe Karangasem 2023, I Gede Bangkit Jayendra Kosa dari PIK-R (Pusat Informasi Remaja) Jnana Yoga, kelas XI MIA3 SMAN 1 Amlapura dan Ni Putu Ariwati Widnyani dari PIK-R Widyaloka, kelas XI IPS2  SMAN 2 Amlapura.7k16

Komentar