nusabali

Gus Yoga Bakal ‘Sundul’ De Gadjah

Dinilai Berprestasi, Diplot Jabat Wakil Ketua Dewan

  • www.nusabali.com-gus-yoga-bakal-sundul-de-gadjah

Menurut De Gadjah, jasa Gus Sukarta juga menjadi pertimbangan untuk memplot Gus Yoga sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar.

DENPASAR, NusaBali
Ketua DPC Partai Gerindra Kota Denpasar, Ida Bagus Yoga Adi Putra alias Gus Yoga diplot sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar periode 2024-2029. Ketua DPD Gerindra  Provinsi Bali, Made Muliawan Arya alias De Gadjah mengatakan Gus Yoga yang merupakan ‘jawara’ dengan perolehan suara tertinggi dari 45 caleg terpilih DPRD Denpasar di Pemilu 2024 memenuhi kriteria menjabat pimpinan dewan.

“Untuk di Denpasar kita plot Gus Yoga sebagai wakil ketua dewan. Karena dia kader yang punya prestasi di Pileg 2024, kinerjanya bagus di organisasi,” ujar De Gadjah dihubungi NusaBali, di Jakarta, Jumat (22/3) sore. Di bawah kepemimpinan Gus Yoga, Partai Gerindra berhasil meningkatkan perolehan kursi DPRD Denpasar dari 4 kursi di Pemilu 2019 menjadi 9 kursi di Pemilu 2024. 

Kata De Gadjah, selain punya dedikasi dan loyalitas sebagai kader partai, Gus Yoga merupakan putra dari deklarator Partai Gerindra Provinsi Bali, almarhum Ida Bagus Putu Sukarta. Gus Sukarta politisi asal Geriya Buruan, Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan memiliki peran membesarkan Gerindra di Bali.  

Gus Sukarta menjabat Ketua DPD Gerindra Bali periode 2012-2022. Di bawah kepemimpinan Gus Sukarta, Gerindra berhasil berdiri sebagai fraksi sendiri di DPRD Bali dengan menguasai 8 kursi pada Pemilu 2014. Selama karir di legislatif, Gus Sukarta menjabat Wakil Ketua DPRD Bali periode 2009-2014 dan Anggota Fraksi Gerindra DPR RI Dapil Bali periode 2014-2019. Di DPR RI, Gus Sukarta pernah duduk di Komisi X membidangi pendidikan dan pariwisata serta Komisi V membidangi infrastruktur.

Menurut De Gadjah, jasa Gus Sukarta juga menjadi pertimbangan untuk memplot Gus Yoga sebagai Wakil Ketua DPRD Denpasar. “Orang tua Gus Yoga (Ida Bagus Putu Sukarta,red) punya jasa besar terhadap eksistensi Partai Gerindra di Bali. Kita juga mempertimbangkan hal itu. Sudah pasti Gus Yoga jadi Wakil Ketua Dewan Denpasar,” ujar mantan Ketua DPC Gerindra Denpasar ini.

Dengan demikian, Gus Yoga akan sundul De Gadjah yang saat ini masih menjabat Wakil Ketua DPRD Denpasar periode 2019-2024. De Gadjah menyebutkan, selain menunjuk Gus Yoga sebagai wakil ketua, Gerindra  sudah menyiapkan kader-kader yang akan diplot di pimpinan fraksi dan anggota komisi. “Kandidat Ketua Fraksi dan lain-lain sudah ada namanya,” ujar politisi asal Banjar Kerandan, Kelurahan Pemecutan, Denpasar Barat ini.

Terkait dengan peluang menjadi Wakil Ketua DPRD Denpasar, Gus Yoga secara terpisah mengatakan dirinya menunggu dan mengikuti perintah partai. “Kalau saya sebagai kader siap ditugaskan dimana saja. Kalau sudah perintah partai saya akan laksanakan dengan maksimal. Kita serahkan mekanismenya kepada induk partai,” ujar peraih 8.313 suara di Pemilu 2024 ini.

Komposisi pimpinan dewan di Denpasar bakal terdiri dari Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III. PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan 23 kursi (51,11 persen) dari 45 kursi DPRD Denpasar, otomatis akan kembali merebut kursi Ketua DPRD periode 2024-2029. Partai Gerindra yang merebut 9 kursi (20 persen), sudah dipastikan akan menguasai jabatan Wakil Ketua I. Sementara Golkar dengan perolehan 7 kursi (15,55 persen) akan mendapatkan jatah Wakil Ketua II. 

Sebaliknya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan perolehan 3 kursi (6,66 persen) berpeluang merebut Wakil Ketua III. Sebelumnya, hasil Pemilu 2019, kursi Wakil Ketua III dikuasai Partai Demokrat yang dijabat Anak Agung Ketut Asmara Putra alias Gus Cilik. Dengan hanya merebut 2 kursi (4,44 persen) di Pemilu 2024, Demokrat kehilangan kursi pimpinan dewan. Sementara Partai Gelora dengan raihan 1 kursi (2,2 persen) juga tidak kebagian kursi pimpinan dewan. n Nat

Komentar