nusabali

Dana Punia Bangun Pedharman Mengalir

Panitia Pesamuhan Agung I Gajahpara Dibubarkan

  • www.nusabali.com-dana-punia-bangun-pedharman-mengalir

AMLAPURA, NusaBali - Panitia Pesamuhan Agung I Tahun 2024, Pengurus Pusat Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas (AGPAG), di Gedung Wiyata Graha, Banjar Besakih Kangin, Desa Besakih Kecamatan Rendang, Karangasem, dibubarkan. Menyusul pesamuhan ini, dana punia untuk biaya membangun Pura Pedharman di kawasan Pura Besakih terus mengalir.

Acara pembubaran Panitia Pesamuhan Agung di Banjar Pangitebel, Desa Antiga Kelod, Kecamatan Manggis, Karangasem, Kamis (21/3).

Ketua Pengurus Pusat Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas I Ketut Suadnyana yang mengoordinasikan acara tersebut. "Kami mengapresiasi seluruh anggota panitia yang suntuk ngayah, menyukseskan pelaksana Pasamuan Agung I tahun 2024. Selain Pesamuhan Agung telah berjalan, juga ada dana punia mulai masuk, agar segera bisa membangun Pura Pedharman.

Kata dia, amanat Pesamuhan Agung I tahun 2024 sepakat membangun Pura Pedharman di samping ada bhisama yang telah disepakati. Terlebih lagi, telah membebaskan lahan seluas 20 aredi hulu Pura Penataran Agung Besakih.

Program jangka pendek, katanya, sepakat membangun Pura Pedharman, di Pura Besakih. Kini tinggal mencari hari baik dalam memulai melaksanakan pembangunan. Secara teknis, tidak ada kendala, karena telah mendapatkan dukungan luas dari pengurus Pratisentana Sira Arya Gajah Para Bretara Sira Arya Getas se-Bali.

Harapannya  lanjut Suadnyana, dengan adanya Pura Pedharman, sehingga di setiap Karya Ida Bhatara Turun Kabeh di Pura Penataran Agung Besakih atau di setiap piodalan di Pura Pedharman, semeton se-Bali, bertemu di sana. Pura Pedharman itu juga selain untuk memuja Ida Bhatara Kawitan, juga sebagai sarana mempersatukan semeton se-Bali.

Pamujaan di Pura Pedharman sebagai cerminan kasih sayang kepada leluhur, yang di pasemetonan dikenal dengan spirit, bhakti, satya, dan wirang. Nantinya Pura Pedharman mencakup tiga konsep mandala suci, Bhur Loka, Bwah Loka, dan Swah Loka. Hadir dalam acara pembubaran Panitia Pesamuhan Agung I, Ketua Pratisentana Sire AGPAG Karangasem I Ketut Udiana, Ketua Pretisentana Sire AGPAG Klungkung I Ketut Suardana, Ketua Pretisentana Sire AGPAG  Gianyar I Kadek Wiadnyana, Ketua Pretisnatana Sire AGPAG Kecamatan Manggis, yang juga Kelian Dadia Batur Getas Desa Adat Angantelu, Kecamatan Manggis I Wayan Mara, dan undangan lainnya.

Dana punia yang terkumpul kemarin dari Dadia Tongtongan, Desa Ban, Kecamatan Kubu Rp 50 juta, dari semeton Dadia Pakel, Rp 52,9 juta dan dari punia-punia lainnya.7k16

Komentar