nusabali

Maling Gondol Kotak Sesari Pura Gede Desa Pengastulan

  • www.nusabali.com-maling-gondol-kotak-sesari-pura-gede-desa-pengastulan

SINGARAJA, NusaBali - Kasus pencurian menyasar tempat ibadah terjadi di Desa Pengastulan, Kecamatan Seririt, Buleleng. Kotak sesari di Pura Gede desa tersebut, raib diduga dicuri. Tak tanggung-tanggung, pelaku turut membawa kabur kotak sesari yang berisi sejumlah uang sumbangan punia dari krama tersebut. Kasus pencurian itu telah dilaporkan ke polisi dan kini dalam penyelidikan aparat Polsek Seririt.

Informasi yang dihimpun, hilangnya kotak sesari itu pertama kali diketahui oleh petugas kebersihan pada Kamis (21/03/) sekitar pukul 04.00 wita pagi. Saat membersihkan sampah disekitar TKP, petugas tersebut kaget karena tak melihat ada kotak sesari di tempatnya. Kotak sesari yang mulanya tertancap bersama tiangnya di sisi pekarangan pura tersebut, raib tanpa bekas.

"Ini sudah kejadian yang kedua. Beberapa waktu lalu juga terjadi namun kotaknya dicongkel. Kali ini dengan kotak serta tiangnya diambil,” terang salah satu warga yang enggan menyebutkan namanya di TKP.

Menurutnya, pelaku pencurian seperti mengetahui jumlah isi dalam kotak. Pasalnya, sejak hari raya Galungan, Pemacekan Agung dan Kuningan kotak sesari itu belum dibuka. Di hari-hari itu banyak krama yang mepunia. “Diperkirakan isinya lumayan banyak. Dari Galungan belum dibuka. Rencananya purnama ini akan dibuka, malah didahului pencuri,” lanjutnya.

Ia pun berharap polisi dapat segera menangkap pelakunya agar kasus menyasar tempat ibadah seperti itu tidak berulang lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Seririt Kompol Putu Sunarcaya membenarkan kejadian pencurian sesari di Pura Gede Desa Pengastulan tersebut. Kata dia, setelah pihaknya menerima laporan, anggota Unit Reskrim langsung dikerahkan ke lokasi untuk melakukan olah TKP. “Kami sudah melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan beberapa orang. Mudah-mudahan segera bisa kami ungkap,” singkatnya.7 mzk

Komentar