nusabali

Walikota Jaya Negara ‘Ngaturang Bakti Pujawali’ di Pura Luhur Uluwatu

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-ngaturang-bakti-pujawali-di-pura-luhur-uluwatu

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara ngaturang bakti serangkaian Pujawali Pura Luhur Uluwatu pada Anggarakasih Medangsia, Selasa (19/3). Berbaur bersama pamedek, Walikota Jaya Negara hadir bersama Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa serta Panglingsir Puri Agung Jro Kuta I Gusti Ngurah Jaka Pratidnya.

Hadir pula Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara. Serangkaian pujawali tersebut Walikota Jaya Negara turut mulang pakelem di segara Pura Luhur Uluwatu sebagai persembahan untuk menjaga keseimbangan alam semesta.  

Rangkaian pujawali diakhiri dengan persembahyangan bersama yang dipuput Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa, Griya Tegal Sari dan Ida Pedanda Gede Made Karang, Griya Gede Karang Klui Denpasar.

Gusti Ngurah Jaka Pratidnya yang akrab dipanggil Turah Joko didampingi Bandesa Adat Pecatu I Wayan Sumerta, mengatakan rangkaian pujawali diawali dengan prosesi nedunang Ida Bhatara Dewa Agung Sakti dari Pura Pererepan Desa Adat Pecatu yang selanjutnya menuju Pura Luhur Uluwatu. Kemudian dilanjutkan prosesi ngaturang pujawali dan Nyapsap Kulit Gede Ida Bhatara ring Luhur Pura Uluwatu.

Turah Joko menambahkan, setelah pujawali, pada Rabu (20/3) hingga Jumat (22/3) akan dilakukan bakti penganyar berturut-turut dari Kecamatan Kuta Utara, Kecamatan Kuta, dan Panyineban dilaksanakan oleh Kecamatan Kuta Selatan bersama Desa Adat Pecatu dan Puri Agung Jro Kuta.

“Dengan melakukan srada bakti ke hadapan Ida Hyang Widhi Wasa, astungkara mudah-mudahan seluruh umat di Bali khususnya dan Indonesia umumnya dijauhkan dari bencana serta diberikan kekuatan dan keselamatan, sehingga semua umat bisa rahayu, serta keseimbangan alam semesta tetap terjaga,” ujar Turah Joko sembari menekankan pelaksanaan pujawali di Pura Luhur Uluwatu juga meminimalisir penggunaan plastik sekali pakai. Sehingga diimbau untuk tidak menggunakan plastik untuk membawa sarana upacara atau banten.

Walikota Jaya Negara mengatakan bahwa pujawali ini merupakan momentum bagi seluruh krama untuk selalu eling dan meningkatkan srada bakti kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa. Pujawali ini juga diharapkan menjadi momentum untuk menjaga keharmonisan antara parahyangan, palemahan, dan pawongan sebagai impelementasi Tri Hita Karana. @ mis

Komentar