nusabali

Anggaran Rp 2 M dari Peturunan dan Punia

Desa Adat Muncan Pugar Pura Dalem

  • www.nusabali.com-anggaran-rp-2-m-dari-peturunan-dan-punia

AMLAPURA, NusaBali - Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem melakukan pemugaran Pura Dalem, berbiaya Rp 2 miliar. Sementara pembangunan tuntas 60 persen, terutama tiga Candi Gelung Kori menggunakan bahan batu tabas.

Biaya ini dengan mengandalkan paturunan krama per KK Rp 200.000, kas desa adat, dan dana punia.

"Selain memugar tiga candi gelung, juga membangun kembali Bale Mambeng, yang sebelumnya jebol kena longsor," jelas Bendesa Adat Muncan Jero Gede Suwena Putus Upadesa di Pura Dalem, Banjar Gede, Desa Adat Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (17/3).

Paturunan krama itu dari 13 banjar adat, yakni Gunung Biau, Gede, Susut, Pasek, Kawan, Geria, Kalot, Pakudansih, Jero Benekasa, Benekasa, Abianbambang, Yangapi, dan Jero Kanginan, mendapatkan dana Rp 385 juta, ditambah dana punia krama yang mendapatkan rezeki lebih.

"Tinggal finishing tiga Candi Gelung Kori, belum berisi Patung Pamurtian Durga, Patung Naga, Boma dan Kori," katanya.

Sementara, kata dia, telah menghabiskan Rp 1 miliar, target tuntas pembangunan di tahun 2024, termasuk memugar Pura Prajapati, dan melebarkan jabaan Pura Dalem.

Selama ini, jelas Putus Upadesa, jabaan Pura Dalem masih sempit sehingga jika krama dari 13 banjar adat melakukan persembahyangan, tidak bisa menampung. Apalagi rencananya nanti, menggelar Karya Mamungkah lan Nubung daging, tahun 2025. Sehingga upaya pelebaran jabaan pura telah dilakukan dengan mendekati pemilik lahan, dan telah merelakan lahannya dibebaskan.

Pemugaran Pura Dalem itu, lanjut Putus Upadesa, telah mendapatkan kesepakatan krama Desa Adat Muncan, gara-gara Bale Mambeng di sisi timur yang jebol. Awalnya hanya untuk membangun ulang Bale Mambeng, tetapi berlanjut memugar Candi. Sehingga pembangunan jadi satu paket. Tampak pangayah ibu-ibu rumah tangga yang bersemangat ngayah mengangkut pasir menuju jabaan Pura Dalem, yang posisinya di ketinggian, sehingga mengangkut pasir dan material lainnya perlu naik tangga. Sedangkan pangayah lanang membangun pondasi bale mambeng.

Bertindak sebagai Ketua Panitia Pembangunan Pura Dalem, I Gusti Ngurah Gede Adnyana. Sedangkan Penasihat Panitia, Putus Upadesa.

"Optimis, pemugaran Pura Dalem Desa Adat Muncan, tuntas di tahun 2024," tambahnya. Hanya Pura Dalem saja katanya yang belum dipugar, sebelumnya Pura Puseh, dan Pura Bale Agung telah tuntas dipugar dan telah menggelar karya mamungkah lan nubung daging.

Pura Dalem Desa Adat Muncan itu di tepi jalan, dekat dengan selokan, atau tikungan berbatasan dengan Banjar Yangapi, sehingga selama ini pamedek kesulitan parkir kendaraan jika menggelar persembahyangan bersama.

Sedangkan di seberang jalan, Setra Desa Adat Muncan, di sebuah bukit, di tengah sawah.7k16

Komentar