nusabali

PO Bus di Denpasar Sudah Sibuk Layani Pemesanan Tiket Mudik

  • www.nusabali.com-po-bus-di-denpasar-sudah-sibuk-layani-pemesanan-tiket-mudik
  • www.nusabali.com-po-bus-di-denpasar-sudah-sibuk-layani-pemesanan-tiket-mudik

DENPASAR, NusaBali.com - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, sejumlah Perusahaan Otobus (PO) di Denpasar mulai kebanjiran pemesanan tiket dari para calon pemudik.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, lonjakan pemudik biasanya terjadi pada H-5 Lebaran.

PO Gunung Harta, yang melayani jurusan Bali-Jawa, telah menerima ratusan pemesanan tiket untuk semua jurusan.  "Tiket yang sudah terjual di tanggal 6 April saja sekitar 381, dan booking 248 calon penumpang. Jumlah ini untuk semua armada," kata Made Madu Manggala, Operator PO Gunung Harta, Rabu (13/3/2024).

Lanjut dia, dari data jumlah pemudik di tahun lalu saja terdapat peningkatan sekitar 2 sampai 3 kali lipat dari hari biasanya. Jika hari biasa, jumlah penumpang maksimal yang berangkat berkisar 400 orang per harinya, maka pada saat arus mudik Lebaran jumlahnya akan membludak bahkan mencapai 800 orang setiap hari.

Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang ini, PO yang membuka pangkalan di Jalan Cokroaminoto, Ubung Kaja, Denpasar Utara ini, akan menambah jumlah armada pada saat mudik lebaran nanti.

“Kalau hari biasa, jumlah armada bus yang berangkat kurang lebih sekitar 16 sampai 17 bus. Pada saat lebaran, kita akan tambahkan jumlah armadanya, bisa mencapai 25 bus,” kata Made Manggala.

Made Madu Manggala dan Putu Okta Muliarta.

PO Restu, yang melayani jurusan Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta, juga mengalami lonjakan pemesanan tiket.

"Puncak lonjakan penumpang diprediksi sampai H-1, sekitar tanggal 9 April," kata Putu Okta Muliarta, Operator PO Restu yang bermarkas di Jalan Pura Demak, Pemecutan Klod, Denpasar Barat.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PO Restu Mulya juga akan menambah armada dari 4 menjadi 11 bus.  Jumlah ini cukup signifikan, mengingat jumlah armada yang dikerahkan pada hari-hari biasanya hanya berkisar 4 bus, dengan masing-masing unitnya tersedia 28 kursi.

“Kalau hari raya, semua kursi di masing-masing armada yang akan berangkat terisi penuh, sedangkan hari biasa hanya separuh,” terang Okta Muliarta.

Okta Muliarta, mengatakan bahwa ada sekitar 200 calon penumpang yang sudah membeli tiket untuk 5 jurusan keberangkatan yang dilayani PO Restu. 

“Untuk pemesan tiket selama hari raya, PO Restu Mulya hanya melayani calon penumpang yang langsung membeli tiket di tempat,” kata Putu Muliarta.

Langkah ini diambil oleh pihak perusahaan untuk mengantisipasi pembatalan keberangkatan dari calon penumpang. Jika hal ini terjadi, tentu akan merugikan pihak perusahaan dan juga calon penumpang lain yang sebelumnya tidak kebagian tiket. *ol4


Komentar