nusabali

Walikota Buka Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival 2024

  • www.nusabali.com-walikota-buka-sesetan-heritage-omed-omedan-festival-2024

DENPASAR, NusaBali - Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival (SHOOF) 2024 yang ditandai dengan penancapan kayonan, di Banjar Kaja, Kelurahan Sesetan, Denpasar Selatan, Selasa (12/3). Tradisi omed-omedan kali ini mengambil tema ‘Utsaha Jana Kerti’.

Tema itu bermakna melalui SHOOF ini, pemuda-pemudi menuangkan seluruh ide serta gagasan, dengan usaha, kreativitas, dan inovasi baru yang bertujuan untuk melestarikan tradisi warisan budaya leluhur yang bernilai adi luhung dan telah dilaksanakan secara turun temurun.

Sebelum puncak Omed-omedan, diadakan lomba ogoh-ogoh di wilayah setempat dan HUT Sekaa Teruna (ST) Satya Dharma Kerti. Pada kesempatan tersebut Walikota Jaya Negara juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang lomba.

Jaya Negara mengatakan pelestarian seni budaya yang ada di Kota Denpasar harus terus didukung, terutama bagi generasi penerus. Menurutnya kebudayaan yang berkelanjutan memang harus dimulai sejak dini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya Sesetan Heritage Omed-Omed Festival. Ini merupakan langkah pelestarian budaya dan tradisi yang ada di Sesetan dan Kota Denpasar pada umumnya,” ujarnya.

Hadir di acara tersebut, anggota DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya, anggota DPRD Provinsi Bali Ni Wayan Sari Galung, Forkopimda Denpasar, anggota Komisi III DPRD Denpasar Nyoman Darsa, Ketua TP PKK Denpasar Sagung Antari Jaya Negara, Bendesa Adat Sesetan Made Widra.

Ketua Panitia SHOOF 2024 I Gede Sedana, mengatakan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival 2024 merupakan kegiatan yang memiliki konsep festival seni dan budaya. Kegiatan ini diselenggarakan setiap tahun bertepatan dengan Ngembak Geni dan sudah berlangsung sebanyak 13 kali. Namun tahun sebelumnya kegiatan ini sempat terhenti dikarenakan pandemi Covid-19.

“Setelah Covid-19 mereda, ST Satya Dharma Kerti kembali menyelenggarakan kegiatan ini dengan penuh rasa semangat dan untuk melestarikan tradisi Bali khususnya pada Banjar Kaja Desa Sesetan,” tuturnya.

Mengusung tema ‘Utsaha Jana Kerti, Gede Sedana berharap SHOOF 2024 ini dapat meningkatkan potensi pemuda dan pemudi untuk selalu berkarya melestarikan warisan budaya leluhur yang bernilai adi luhung dengan berlandaskan ajaran agama Hindu.

“Saya juga ingin manyampaikan terima kasih kepada 100 UMKM yang turut serta memeriahkan kegiatan Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival 2024 ini,” ucapnya. @ mis

Komentar