nusabali

Tradisi Omed-omedan Kembali Meriahkan Sesetan

  • www.nusabali.com-tradisi-omed-omedan-kembali-meriahkan-sesetan
  • www.nusabali.com-tradisi-omed-omedan-kembali-meriahkan-sesetan

DENPASAR, NusaBali.com – Setelah menjalani catur brata penyepian, hari Selasa (12/3/2024) menjadi hari yang penuh keceriaan bagi warga Banjar Kaja, Sesetan, Denpasar Selatan. Tradisi omed-omedan yang unik dan menarik kembali digelar dalam Sesetan Heritage Omed-Omedan Festival (SHOOF) 2024.

Antusiasme terlihat dari 200 orang muda-mudi dari Sekaa Teruna Teruni Banjar Kaja yang dengan semangat mengikuti tradisi yang dilaksanakan mulai pukul 15.00 WITA ini. Para peserta dibagi menjadi dua kelompok, putra dan putri, dan saling tarik-menarik satu sama lain.

Keunikan tradisi ini tak berhenti di situ. Para peserta pun disiram air selama acara berlangsung, menambah keceriaan dan kegembiraan di festival tahunan yang berlangsung hingga pukul 17.00 WITA tersebut.

I Made Sudama, selaku Kelian Adat Banjar Kaja, menjelaskan bahwa tradisi omed-omedan memiliki makna religius dan telah diwariskan selama ratusan tahun. Tradisi ini sempat terhenti beberapa kali, namun peristiwa aneh seperti dua babi misterius yang beradu di depan Banjar, dianggap sebagai teguran dan tradisi ini pun kembali dilestarikan.

I Made Sudama, Kelian Adat Banjar Kaja,Sesetan.

“Filosofi omed-omedan adalah merayakan Nyepi dan menjalin silahturahmi setelah Tahun Baru Caka,” ungkap Sudama.

Kini, tradisi omed-omedan dikemas dalam bentuk festival yang lebih kreatif, menarik perhatian wisatawan domestik maupun mancanegara.

Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, yang turut hadir dalam festival ini, mengapresiasi SHOOF 2024 dan berharap tradisi ini terus dilestarikan dengan kemasan yang semakin kreatif.

“Kita harus jaga budaya dan tradisi sebagai kekayaan yang perlu dijaga. Hal ini akan menarik minat pengunjung dan menjadi destinasi wisata yang menarik,” kata Arya Wibawa.

SHOOF 2024 tak hanya menghadirkan tradisi omed-omedan. Festival ini juga dimeriahkan dengan pasar UMKM lokal yang menjual kuliner dan fashion, serta penampilan musik dan arena game.

Semaraknya festival ini menjadi bukti bahwa tradisi dan budaya Bali masih hidup dan dilestarikan dengan penuh semangat. SHOOF 2024 telah memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjung dan menjadi momen penting dalam melestarikan tradisi omed-omedan di Bali. *ol4

Komentar