nusabali

Dekat Nyepi, Pujawali di Pura Sakenan Hanya Digelar Sehari

  • www.nusabali.com-dekat-nyepi-pujawali-di-pura-sakenan-hanya-digelar-sehari

DENPASAR, NusaBali - Pujawali di Pura Sakenan, Kelurahan Serangan, Denpasar Selatan pada Saniscara Kliwon Kuningan, Sabtu (9/3), hanya akan digelar sehari. Sebab, Hari Raya Kuningan berdekatan dengan Hari Raya Nyepi.

Jero Mangku Sakenan Alit, Rabu (6/3), mengungkapkan, pelaksanaan pujawali kali ini berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya. Perbedaannya karena Hari Raya Kuningan di awal 2024 ini berdekatan dengan Hari Raya Nyepi pada Senin, 11 Maret 2024, atau dua hari setelah Kuningan merupakan Catur Brata Penyepian.

Terkait hal itu, pelaksanaan pujawali di Pura Dalem Sakenan hanya berlangsung sehari. Jro Mangku mengatakan, dalam pelaksanaan pujawali, biasanya akan dilanjutkan dengan nyejer selama tiga hari. “Sesuai dresta kuna, pelaksanaannya harusnya ada nyejer selama tiga hari, namun kali ini hanya dilaksanakan sehari, karena berdekatan dengan Nyepi,” ujarnya.

Pada Tumpek Kuningan digelar puncak pujawali. Kemudian esoknya pada Umanis Kuningan akan digelar prosesi panyineban. Ditambahkan olehnya, Ida Bhatara dari luar Pura Sakenan juga tidak lunga atau hadir ke pura seperti pelaksanaan sebelum-sebelumnya.

“Dalam pelaksanaan Pasamuhan Agung sudah diputuskan jika Ida Bhatara tidak semua lunga. Hanya Ida Bhatara di Pura Dalem Sakenan saja karena merupakan pujawali Ida,” kata Jro Mangku.

Pihaknya juga mengimbau kepada para pamedek untuk bisa ngayat dari rumah masing-masing. Hal itu karena waktu nyejer sangat singkat dan untuk menghindari penumpukan pamedek. Terkait pelaksanaan pujawali tersebut, Pura Dalem Sakenan pun sudah mulai dihias.

Tempat banten dengan hiasan kain warna putih dan kuning sudah terpasang di halaman pura. Begitu pula tedung atau payung yang biasa dipakai di pura juga sudah terpasang. 7 mis

Komentar