nusabali

Jasa Raharja Sukses Gelar Puncak Kompetisi Inovasi Keselamatan Lalu Lintas Terbesar di Indonesia

  • www.nusabali.com-jasa-raharja-sukses-gelar-puncak-kompetisi-inovasi-keselamatan-lalu-lintas-terbesar-di-indonesia

JAKARTA, NusaBali.com - Jasa Raharja sukses menggelar final Road Safety Innovation (JRRovation), sebuah ajang kompetisi inovasi keselamatan di bidang lalu lintas terbesar bagi mahasiswa di Indonesia. Puncak kegiatan tersebut dilaksanakan di Djakarta Theater, pada Jumat (1/3/2024).

Sebelumnya, dalam JR-Rovation 2023 bertajuk ‘Inovate to Elevate, Gear Up to Safety’, dewan juri telah menetapkan 10 finalis dari dua kategori, yakni kategori Science Innovation dan Social Innovation. 

Di tahap akhir, masing-masing finalis kembali mempresentasikan ide inovasinya kepada dewan juri dan para pemangku kepentingan yang hadir, sekaligus penetapan para pemenang.

Hadir dalam acara tersebut, antara lain Deputi Bidang Manajemen SDM, Teknologi dan Informasi Tedi Bharata, Asisten Deputi Bidang TJSL Eko Edi Cahyono,
Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi Reinoc, Direktur SDM IFG Rizal Ariansyah, Ketua Forum TJSL BUMN, Pengurus Forum Digital (Fordigi) BUMN, Anggota member IFG.

Selanjutnya menghadirkan juri terkemuka yang meliputi VP ESG dan Kelembagaan Jasa Raharja Radito Risangadi, Traffic Engineering & Transport Enginering Expert Universitas Gadjah Mada Dr Ir Dewanti MS, Badan Kehormatan Road Safety Association (RSA) Indonesia Rio Oktaviano, Plt. Ketua Sub Komite LLAJ Komisi Nasional Keselamatan Transportasi Indonesia Ahmad Wildan, Automotive, Car, Motorcycle, Techno Enthusiast Ridwan Hanif Rahmadi, dan Sekretaris Jenderal Kalasan Valley Start Up Ecosystem, Adhitya Duta. yang mewakili pentahelix stakeholder. 

Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui JR-Rovation, Jasa Raharja mendorong para mahasiswa untuk turut berperan aktif dalam menekan angka kecelakaan lalu 
lintas di Tanah Air. 

“Sehingga nantinya tidak menutup kemungkinan untuk dipergunakan sebagai alat pendukung instansi berwenang dalam menanggulangi kecelakaan lalu lintas,” ujarnya.

JR-Rovation, lanjut Munadi, merupakan komitmen PT Jasa Raharja pada implementasi pendekatan Pentahelix dan Triple Bottom Line dalam rangka pencegahan kecelakaan dan edukasi keselamatan berlalu lintas. Pendekatan Pentahelix melibatkan kolaborasi antara pemerintah, bisnis, masyarakat melalui komunitas, akademisi, dan media.

Sementara Triple Bottom Line menekankan pada keseimbangan antara kinerja sosial, lingkungan, dan ekonomi. Kedua pendekatan ini menjadi fondasi strategis PT Jasa Raharja dalam mengembangkan program-program inovatif yang tidak hanya
mendukung bisnis, tetapi juga memberikan dampak sosial yang positif.

Kegiatan ini juga menjadi momen pengukuhan komunitas mahasiswa Road Safety Ranger Z, dimana terpilih Presiden, Wakil Presiden, dan pengurus masa bakti 2024 sampai 2026. Melalui JR Rovation, Guru Unggul Guru Pelopor, dan komunitas Ranger Z, Divisi ESG dan Kelembagaan berupaya mendukung bisnis perusahaan dalam meminimalisir kecelakaan dan mengurangi fatalitas korban kecelakaan. 

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia dan Teknologi Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, menyampaikan bahwa JR-Rovation selaras dengan aspirasi Kementerian BUMN yang terus mendorong untuk menciptakan inovasi-inovasi.  “Termasuk dengan inovasi keselamatan di jalan raya,” ujarnya.

Tedi mengatakan bahwa Kementerian BUMN sepenuhnya men-support kegiatan JRRovation, sehingga diharapkan akan tumbuh ide-ide baru. “Tentunya kita bersama-sama ingin menyelesaikan permasalahan keselamatan di jalan raya, dan saya senang
karena Jasa Raharja melibatkan para mahasiswa untuk berinovasi. Saya ucapkan selamat kepada para finalis. Tentunya kegiatan ini tidak boleh berhenti hanya sampai di sini,” imbuhnya.

JR-Rovation menjadi salah satu ajang kompetisi inovasi keselamatan berkendara terbesar di Indonesia. Kompetisi ini adalah edisi ketiga yang diselenggarakan Jasa Raharja. 

Sejak diumumkan awal 2023, JR-Rovation 2023 diikuti 244 pendaftar.  Dari jumlah tersebut, 140 inovasi berhasil lolos seleksi awal. 

Pihak Jasa Raharja dan Dewan Juri, kemudian menyeleksi menjadi 50 proposal yang lolos, dan kembali menjaring 10
besar finalis.

Dewan juri menetapkan para pemenang berdasarkan beberapa aspek dasar, yakni kreatif dan inovatif, orisinalitas karya dan kesesuaian dengan tema, kelayakan implementasi, dan karya yang mempunyai manfaat dan dampak. 

Juara I JR-Rovation 2023 mendapatkan rewards sebesar Rp70 juta, Juara II Rp50 juta, dan Juara III Rp30 juta untuk masing-masing kategori. 

Para Pemenang JR-Rovation 2023 

Kategori Science Innovation
  • 1.Tim SINTARA (Politeknik Transportasi Darat Bali)
  • karya inovasi: ‘Sistem Integrasi Tertib Sewa dan Berkendara sebagai Upaya Mitigasi Pelanggaran Lalu Lintas pada Daerah Wisata’
  • 2. Tim JAKWIR (Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan) karya inovasi: ‘Pengembangan Alat BERAS (Behaviour Risk Alert System) sebagai Pemantauan Armada PO Bus Berbasis IoT’
  • 3. DEVNITY (Universitas Negeri Yogyakarta)
  • karya inovasi: ‘SIPATIS: Sistem Palang Otomatis Berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) untuk Solusi Keamanan Kendaraan Besar pada Tikungan Tajam’.

Kategori Social Inovatio
  • 1.IPB Team (Institute Pertanian Bogor) 
  • karya inovasi: ‘Traffic Simulator: Game Board Lalu Lintas sebagai Simulasi Berkendara Aman dan Patuh melalui Penerapan Program Safety.id pada Remaja’
  • 2.Tim SIMVAR (ITS Surabaya)
  • karya inovasi: ‘Simulasi Kecelakaan Virtual Reality: Trauma sebagai Alat Edukasi Preventif Kecelakaan Lalu Lintas’
  • 3.Mahasiswa PKL (ITB Bandung) 
  • karya inovasi: ‘Ibu-Ibu PKL (Paham Kendaraan dan Lalu Lintas)’

Komentar