nusabali

BBMKG Warning Cuaca Ekstrem di Bali

  • www.nusabali.com-bbmkg-warning-cuaca-ekstrem-di-bali

MANGUPURA, NusaBali - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar (BBMKG) mengumumkan peringatan dini cuaca ekstrem di sebagian besar wilayah Bali. BBMKG pun mengimbau masyarakat untuk waspada.

BBMKG menyebut beberapa wilayah di Bali berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat, Senin (4/3) hari ini. Beberapa wilayah tersebut di antaranya Buleleng, Jembrana, Tabanan, Bangli, Gianyar, Karangasem, Denpasar, Badung, dan Klungkung.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Cahyo Nugroho, mengatakan cuaca tiga hari mendatang diprediksi berawan dengan potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat atau petir. Diprediksi pula terjadi angin kencang berdurasi singkat di sebagian besar wilayah Bali, terutama pada siang hingga malam hari. “Angin umumnya bertiup dari arah barat ke barat laut dengan kecepatan berkisar antara 4 hingga 36 kilometer per jam,” ujarnya, Minggu (3/3).

Lebih jauh dikatakan, penyebab kondisi cuaca ekstrem ini adalah adanya daerah pertemuan dan belokan angin di sekitar wilayah Bali yang mendukung pertumbuhan awan konvektif. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, pohon tumbang, kilat atau petir, banjir, genangan air, dan tanah longsor.

BBMKG juga mengingatkan pengguna dan operator jasa transportasi laut, nelayan, wisata bahari, dan masyarakat yang beraktivitas di sekitar wilayah pesisir untuk mewaspadai potensi gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2 meter atau lebih di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatan, dan Samudera Hindia bagian selatan Bali. Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat, pihaknya juga akan terus memantau serta memperbaharui informasi berdasarkan perkembangan cuaca dan dinamika atmosfer.

“Masyarakat umum, nelayan, dan pelaku kegiatan wisata bahari harap mewaspadai potensi tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter atau lebih di perairan selatan Bali. Masyarakat yang membutuhkan informasi terkini tentang cuaca dapat mengakses layanan informasi cuaca 24 jam melalui akun sosial media resmi BBMKG Wilayah III Denpasar,” imbaunya. 7 ol3

Komentar