nusabali

Dua Mobil Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Peristiwa di Objek Wisata Bukit Jambul, Karangasem

  • www.nusabali.com-dua-mobil-rusak-tertimpa-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - Dua kendaraan roda empat yang parkir di Objek Wisata Bukit Jambul, Banjar Pesaban, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, Karangasem, rusak tertimpa pohon taru setinggi 20 meter dan diameter 60 cm, yang tumbang akibat angin kencang pada Sabtu (2/3) sekitar pukul 15.00 Wita.

Lokasi kejadian tepatnya di dekat perbatasan Kabupaten Karangasem – Kabupaten Klungkung, yang merupakan jalur menuju Pura Besakih. Akibat peristiwa tersebut, arus lalu lintas jalur Karangasem – Klungkung sempat macet sekitar 2 jam, selama petugas BPBD Klungkung dan BPBD Karangasem melakukan penanganan.

Sesuai informasi dari saksi-saksi di lokasi kejadian, I Ketut Susila, 47, Kelian Banjar Pesaban Kangin, Desa Pesaban, Kecamatan Rendang, I Wayan Asri, 60, pedagang dari Banjar Pesaban Kangin, Desa Pesaban, awalnya dua kendaraan roda, Toyota Avanza hitam dengan nomor polisi DK 1787 CX dikemudikan I Putu Carma, 48, dari Jalan Hayam Wuruk, Denpasar dan Suzuki Ertiga warna silver dengan nopol DK 1434 AV dikemudikan Kadek Roma, 48, dari Banjar Batusesa, Desa Menanga, Kecamatan Rendang diparkir dan pengemudinya beristirahat di Objek Wisata Bukit Jambul, sambil berbelanja di warung milik I Wayan Asri.

Sebelum kejadian, cuaca di wilayah Desa Pesaban, Kecamatan Rendang dan sekitarnya hujan lebat disertai angin kencang.

Tiba-tiba pohon taru tumbang menimpa kedua kendaraan itu dari seberang jalan raya, menyebabkan kedua kendaraan tersebut rusak. Toyota Avanza rusak karena tertimpa di bagian tengah kendaraan, dan Suzuki Ertiga bagian kaca belakang pecah. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 40 juta.

Kasus pohon tumbang itu dilaporkan warga Ida Bagus Loka, 48, dari Banjar Geria, Desa/Kecamatan Rendang, ke BPBD Klungkung. Lantaran BPBD Klungkung lebih dekat sehingga lebih awal memberikan penanganan, walau lokasi kejadian masuk wilayah Karangasem. Petugas BPBD Klungkung tiba membawa 4 chainsaw, memotong batang pohon. Selama melakukan penanganan arus lalu lintas dari Karangasem menuju Klungkung atau sebaliknya, sempat macet sekitar 2 jam. Sebab, pohon yang tumbang melintang di jalan raya, dari arah utara ke selatan

Petugas Polsek Rendang dipimpin Kapolsek Rendang Kompol Made Suadnyana mengatur arus lalu lintas dari dua arah.

Kalak BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa mengatakan, pohon yang tumbang tersebut menimpa dua kendaraan sedang parkir. “Nihil korban jiwa,” kata Ida Ketut Arimbawa. Menurut dia, pohon taru yang tumbang akarnya telah lapuk.

Kompol Made Suadnyana bersyukur saat kejadian, tidak ada kendaraan melintas. “Padahal selama ini arus lalu lintas di Objek Wisata Bukit Jambul cukup padat, terutama truk-truk angkut material galian C,” ucap Kompol Suadnyana. 7 k16

Komentar