nusabali

NasDem Karangasem Deklarasikan Kandidat Calon Bupati

  • www.nusabali.com-nasdem-karangasem-deklarasikan-kandidat-calon-bupati

AMLAPURA, NusaBali - Partai NasDem Karangasem bersama relawan GMT (Gerakan Masyarakat Terpadu) Karangasem melakukan gebrakan dengan mendeklarasikan bakal calon Bupati Karangasem yang akan diusung NasDem di Pilkada Karangasem 2024.

Kandidat yang disodorkan, yakni I Gusti Putu Parwata. Gusti Parwata merupakan tokoh muda yang juga putra dari mantan Bupati Karangasem periode 2015-2020 I Gusti Ayu Mas Sumatri.

Deklarasi dipimpin mantan Bupati Karangasem 2016-2021 yang juga Ketua DPD Partai NasDem Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi sang suami yang juga penasihat Partai NasDem Karangasem I Gusti Made Tusan dan Wakil Ketua DPRD Karangasem I Gusti Ngurah Gede Subagiartha di Jro Subagan, Jalan Ahmad Yani Amlapura, Jumat (1/3).

I Gusti Made Tusan mengucapkan terima kasih atas dukungan yang telah diberikan sehingga sang istri I Gusti Ayu Mas Sumatri lolos ke DPRD Provinsi Bali dengan perolehan 25.868 suara dari Dapil Karangasem, dan sang putra mahkota I Gusti Ngurah Gede Subagiartha lolos ke DPRD Karangasem dengan 7.048 suara. "Perhelatan politik tidak akan pernah berhenti, dan jangan berhenti sampai di sini, mari kita lanjutnya di Pilkada Karangasem 2024," kata Gusti Made Tusan disambut riuh ratusan pendukung yang hadir.

Menyusul Mas Sumatri menyemangati pendukungnya yang hadir. "Mari kembali berjuang, jangan kapok, walau pernah kalah di Pilkada Karangasem 2020, roda terus berputar saatnya kembali di atas," tegas Mas Sumatri, ibu kandung Gusti Putu Parwata. I Gusti Ngurah Gede Subagiartha juga memotivasi pendukungnya agar perjuangan kembali berlanjut di Pilkada Karangasem, 27 November 2024 nanti. Bahkan bakal calon Bupati Karangasem I Gusti Putu Parwata, juga tak kalah semangat memotivasi pendukung yang hadir.

"Nanti kita galang koalisi, dan menghidupkan kembali relawan GMT di delapan kecamatan, sebab relawan itu sebagai salah satu mesin politik untuk memenangkan I Gusti Ayu Mas Sumatri di Pilkada Karangasem 2015 lalu," jelas Gusti Putu Parwata, pengusaha, mantan Ketua KNPI Karangasem yang juga aktif di komunitas fotografer Karangasem ini.

Sebab lanjut Gusti Parwata yang mantan Ketua Ranting PDIP Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem dan Bendahara PAC PDIP Kecamatan Karangasem ini, syarat minimal bisa mengusung bakal calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem mesti didukung 20 persen perolehan kursi di DPRD. “Itu artinya, minimal diusung 9 anggota DPRD. Sedangkan Partai NasDem hanya meraih 5 kursi atau 11,11 persen,” katanya.

Partai NasDem sendiri hanya membukukan 5 kursi di Pemilu 2024, turun dibandingkan di Pemilu 2019 sebanyak 9 kursi, kelima kursi itu dimenangkan I Gusti Ngurah Gede Subagiartha dari Daerah Pemilihan Karangasem I Kecamatan Karangasem dengan 7.048 suara, I Gede Agus Surya Sugiartha dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem dengan 2.093 suara, I Kadek Angga Hari Sanjaya dari Dapil Karangasem IV  Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen dengan 5.680 suara, I Nengah Rinten dari Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu dengan 2.196 suara dan I Nyoman Mahayana dari Dapil Karangasem VI Kecamatan Abang dengan 4.152 suara.

Di bagian lain, Ketua KPU Karangasem I Putu Darma Budiasa mengatakan untuk Pilkada Karangasem 2024 akan menggunakan hasil Pemilu 2024. "Kami menetapkan hasil Pemilu 2024, Sabtu (2/3), sejak itu telah bisa digunakan untuk mengusung bakal calon Bupati/Wakil Bupati Karangasem, walau anggota dewan belum dilantik," jelas Darma Budiasa. 7 k16

Komentar