nusabali

Petarung PDIP Mendominasi

10 Besar Peraih Suara Terbanyak di Karangasem

  • www.nusabali.com-petarung-pdip-mendominasi
  • www.nusabali.com-petarung-pdip-mendominasi

Petarung PDIP ini merajalela di satu Daerah Pemilihan (Dapil) yang sama yakni Dapil Karangasem IV yang meliputi Kecamatan Selat, Rendang dan Sidemen

AMLAPURA, NusaBali
Caleg dari PDI Perjuangan (PDIP) mendominasi dan menempatkan sejumlah petarungnya sebagai 10 besar peraih suara terbanyak di Pemilu 2024 di Kabupaten Karangasem.

Sebanyak 3 caleg PDIP membuktikan diri sebagai petarung digdaya dengan merebut suara signifikan, sehingga lolos ke kursi DPRD Karangasem periode 2024-2029. Uniknya, petarung PDIP ini merajalela di satu Daerah Pemilihan (Dapil) yang sama yakni Dapil Karangasem IV yang meliputi Kecamatan Selat, Rendang dan Sidemen.

Suara tertinggi diraih incumbent yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Karangasem I Wayan Suastika, dengan 7.314 suara. Suastika meraih suara tertinggi di Pemilu 2024 mengungguli pesaing kuat lainnya seperti I Gusti Ngurah Gede Subagiartha alias Gus Ode. Caleg NasDem yang notabene putra mantan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri ini meraup 7.048 suara. 

Dua kader PDIP lainnya yang masuk 10 besar meraih suara terbanyak yakni Ni Putu Sriani dari Desa Besakih, Kecamatan Rendang dengan 5.361 suara dan I Wayan Sumantra, politisi asal Desa Kerta Buana, Kecamatan Sidemen yang meraih 5.147 suara. Selebihnya caleg dari Partai NasDem, masing-masing Gus Ode yang bertarung di Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem dengan 7.048 suara, I Kadek Angga Hari Sanjaya dari Dapil Karangasem IV dengan 5.680 suara.

Kemudian Partai Gerindra juga mencatatkan dua petarungnya masuk 10 besar peraih suara terbanyak. Mereka adalah para new comer yang belum pernah merasakan bertarung di pemilu. Masing-masing Ni Komang Molu Indah Juliani dari Dapil Karangasem IV dengan 6.702 suara dan I Gede Agus Riza Rianoka dari Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu dengan perolehan 5.142 suara.

Sebaliknya, Partai Demokrat juga menempatkan 2 calegnya masuk 10 besar peraih suara terbanyak. Masing-masing I Ketut Sulandra dari Dapil Karangasem I Kecamatan Karangasem dengan 5.663 suara dan I Wayan Suparta dari Dapil Karangasem IV dengan 4.889 suara. Sedangkan satu-satunya Caleg Partai Golkar yang sukses bertengger di 10 besar adalah I Nyoman Rena dari Dapil Karangasem IV dengan meraih 4.999 suara.

Suastika dihubungi, Kamis (29/2) mengatakan, prestasi kader partai diukur dari perolehan suara dan kursi di Pemilu 2024. “Bukan saja meraih suara tertinggi, kami bahkan mampu mengangkat perolehan kursi dari Dapil IV, dari 2 kursi menjadi 4 kursi,” ujar suami dari Anggota Fraksi PDIP DPRD Bali, Ni Made Darmini ini.

Suastika menyebutkan, meskipun dirinya hanya seorang Ketua PAC PDIP Kecamatan Selat, tetapi mampu memperluas dukungan di Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen. Di Kecamatan Rendang dia meraih 1.176 suara, Kecamatan Sidemen sebanyak 1.474 suara dan Kecamatan Selat sebanyak 4.664 suara.

Sedangkan caleg Ni Komang Molu Indah Juliani yang membukukan 6.702 suara dengan percaya diri memastikan bisa melenggang ke DPRD Karangasem dengan dukungan merata. “Saya mendapatkan dukungan merata di tiga kecamatan, termasuk di Desa Duda Timur. Awalnya diinformasikan saya tidak dapat dukungan. Setelah PPK Kecamatan Selat melakukan hitung ulang, saya mendapatkan 16 suara,” ujar Molu Indah Juliani.k16

Komentar