nusabali

Rarahita Lolos dengan Selisih Suara Tipis

Srikandi DPRD Badung Rontok, Tersisa 3 Orang

  • www.nusabali.com-rarahita-lolos-dengan-selisih-suara-tipis

MANGUPURA, NusaBali - Satu lagi Caleg incumbent srikandi dari PDIP dipastikan lolos ke DPRD Badung di Pemilu 2024. Caleg perempuan tersebut, yakni Ni Luh Putu Gede Rarahita Sukmadewi dari Dapil Mengwi.

Rarahita akan melenggang bersama dua caleg srikandi lainnya ke DPRD Badung, yakni Putu Yunita Oktarini dari Dapil Abiansemal dan Yayuk Agustin Lessy dari Dapil Kuta Utara. Keduanya juga merupakan caleg incumbent.

Lolosnya Rarahita cukup menyita perhatian, lantaran sempat diisukan gagal karena suaranya beda tipis dari rekan seperjuangannya di PDIP, Ida Bagus Alit Arga Patra dalam merebut suara rakyat di Dapil dengan jumlah kursi terbanyak di Gumi Keris tersebut.

Dalam proses rekapitulasi, berdasarkan hasil pengawasan dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwaslucam) Mengwi, sempat terjadi kekeliruan pada C-salinan untuk suara Rarahita di TPS Sading dan Munggu.

Kekeliruan tersebut pun sudah diperbaiki dalam rekapitulasi. Masih dari hasil pengawasan Panwaslucam Mengwi, selain di TPS Sading dan Munggu, proses rekapitulasi untuk desa lainnya di Kecamatan Mengwi untuk suara Rarahita tidak mengalami kendala ataupun kesalahan.

Dari informasi yang dihimpun, dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi, Minggu (25/2), suara yang diraih Rarahita menjadi 4.609. Rarahita unggul dengan selisih 30 suara dari Ida Bagus Alit Arga Patra yang mendulang 4.579 suara.

Komisioner KPU Badung, I Putu Yogi Indra Permana menegaskan, Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Perhitungan Perolehan Suara Pemilu 2024 di Tingkat Kecamatan Mengwi ini disaksikan oleh para saksi dari seluruh partai politik peserta Pemilu 2024. “Kami melakukan rekap berdasarkan C Hasil Plano yang sudah didengar oleh para saksi. Mereka (para saksi, red) sangat menerima dan saksi menyatakan sah setiap TPS dan varian,” tegasnya.

Dengan demikian, Ni Luh Putu Gede Rarahita Sukmadewi bakal lolos ke DPRD Badung dari Dapil Mengwi. Rarahita akan melenggang bersama dua incumbent lainnya ke DPRD Badung, yakni Putu Yunita Oktarini dari Dapil Abiansemal dan Yayuk Agustin Lessy dari Dapil Kuta Utara. Putu Yunita Oktarini yang di periode sebelumnya di Dapil Kuta, kini maju dari Dapil Abiansemal.

Istri dari Bagus Alit Sucipta alias Gus Bota ini bahkan mengantongi perolehan suara terbesar, yakni 15.491 suara. Sementara Yayuk Agustin Lessy dari Dapil Kuta Utara meraih sebanyak 6.201 suara. Angka ini berdasarkan data perolehan sementara yang diterima NusaBali. Sedangkan pleno tingkat kabupaten akan digelar 2-3 Maret mendatang.

Dengan kembalinya tiga srikandi ke DPRD Badung, itu artinya ada enam srikandi incumbent yang diperkirakan tersingkir di Pemilu 2024 ini, yakni Ni Komang Triani (PDIP dari Dapil Mengwi), I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha (PDIP dari Dapil Petang), Ni Luh Kadek Suastiari (PDIP dari Dapil Abiansemal), Ni Putu Sekarini (PDIP Dapil Abiansemal), Ni Ketut Suweni (Golkar dari Dapil Kuta Selatan), dan Ni Luh Gede Sri Mediastuti (Golkar dari Dapil Kuta).ind

Komentar