nusabali

Tiap Galungan, Talenan Tetap Diburu

  • www.nusabali.com-tiap-galungan-talenan-tetap-diburu

GIANYAR, NusaBali -Talenan tetap diburu setiap menjelang Hari Raya Galungan. Warga beli talenan untuk tatakan mencincang daging babi saat Penampahan Galungan, Anggara Wage Sungsang, Selasa (27/2).

Harga talenan Rp 35.000 hingga Rp 40.000. Pedagang talenan di Banjar Pegesangan, Desa Gemesin, Kecamatan/Kabupaten Gianyar mendapatkan rezeki jelang Hari Raya Galungan.

Pedagang telenan Ni Made Wulan, 45, sudah jualan talenan sejak puluhan tahun. Dulu gampang mendapatkan bahan baku talenan berupa kayu asem (celagi) di Buleleleng dan Karangasem. 

Namun sekarang kesulitan mendapatkan kayu asem, sehingga mendatangkan bahan baku dari Jawa Timur. “Kami pesan kayu asem ke Jawa Timur,” kata Wulan bersama suaminya Ketut Suarta, 47, Minggu (25/2).

Wulan menjelaskan talenan yang ia jual laris menjelang Hari Raya Galungan. “Biasanya pembeli ramai lima hari sebelum Hari Raya Galungan,” katanya. Pembeli datang langsung ke lokasi, ada juga yang sebelumnya memesan dalam jumlah banyak. 

Pembeli dari Badung, Denpasar, dan Tabanan membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Mereka mendapat harga spesial agar sama-sama dapat untung. 7 nvi

Komentar