nusabali

Bupati Sanjaya Buka Festival Ogoh-ogoh Singasana 2024

Usung Pelestarian Adat, Seni dan Budaya Tabanan

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-buka-festival-ogoh-ogoh-singasana-2024

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya membuka Festival Ogoh-Ogoh Singasana Tahun 2024 di areal Gedung Maria Jalan Gajah Mada, Tabanan, Sabtu (24/2). Festival ini bagian dari komitmen Bupati Sanjaya mendukung serta memfasilitasi kreatifitas dan inovasi seni generasi muda Tabanan.

Festival yang dibuka, Sabtu sore pukul 15.00 Wita ini disaksikan ribuan masyarakat Tabanan yang sudah sejak siang memadati seputaran areal Gedung I Ketut Maria tersebut. Maklum saja sebelum diarak atau diparadekan, 12 ogoh-ogoh milik 12 desa dinas di Kecamatan Tabanan ini sudah dipajang sejak tanggal 22 Februari untuk dilombakan.

Selain Bupati Sanjaya yang hadir sore itu sekaligus sebagai pencetus ide kegiatan, festival dengan tema 'Nyomya Bhuta Kala Nyanggra Nawa Warsa Icaka 1946 Nyujur Paduraksa Jayaning Singasana' ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Anggota DPR RI I Made Urip, Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga hingga pejabat di lingkungan Pemkab Tabanan.

Bupati Sanjaya memberikan apresiasi atas turut sertanya seluruh lapisan masyarakat dalam memeriahkan kegiatan tahunan dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kebudayaan, Bendesa Adat, tokoh-tokoh serta seluruh pihak terkait karena terselenggaranya parade ogoh-ogoh yang sudah lama dinantikan oleh masyarakat Tabanan ini.

“Kita di pemerintahan Tabanan Era Baru ini banyak parade yang akan kita lakukan dalam setiap tahunnya, seperti kemarin ada festival lampion dan parade nusantara, parade Imlek dan lain-lain. Semua kita parade-kan, sehingga masyarakat Tabanan menjadi riang gembira menyambut Tabanan Era Baru ini," katanya. Menurutnya, kegiatan tersebut digelar selain mendukung kreatifitas seni yang dibuat pemuda Tabanan, festival juga dibuat sebagai tugas pemerintah untuk menghibur masyarakat. Dengan hiburan itu otomatis anak-anak menjadi riang gembira. "Ini juga bagian dari tugas pemerintah dalam pelestarian adat, agama dan seni budaya," tegas Bupati Sanjaya penuh semangat.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan (Kadisbud) Kabupaten Tabanan, I Made Yudiana juga menyampaikan terselenggaranya festival ini merupakan peran serta dan inisiasi yang luar biasa dari Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya. “Mewakili para yowana, kami menghaturkan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Bupati atas ruang, waktu dan pendanaan yang telah diberikan. Sehingga kreatifitas anak muda di Tabanan dapat terwadahi seperti saat ini,” jelasnya.

Disebutkan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan apresiasi atas kreatifitas seni generasi muda. Melestarikan adat seni dan budaya dan juga mempererat hubungan generasi muda, khususnya sekaa teruna di Tabanan. "Dalam memeriahkan kegiatan ini, di seputaran Taman Bung Karno juga dilaksanakan berbagai pameran UMKM dan aneka kuliner, juga disediakan hiburan seperti joged, pementasan seni hingga penampilan grup band mulai dari 22 hingga 25 Februari 2024," terangnya.

Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan pada 23 Februari lalu, para pemenang lomba ogoh-ogoh sudah diumumkan. Juara pertama diraih oleh Yowana Banjar Baleagung dengan hadiah sebesar Rp 10 juta. Kemudian juara kedua, diraih oleh Yowana Banjar Gerokgak Gede dengan hadiah sebesar Rp 7,5 juta dilanjutkan dengan juara ketiga, diraih oleh dari Yowana Tuakilang Baleran dengan hadiah sebesar Rp 5 juta.

Selanjutnya penilaian yang dilakukan oleh juri kehormatan kategori juara terfavorit pilihan Bupati Tabanan diraih oleh Yowana Banjar Tegal Belodan. Juara terunik pilihan Ketua DPRD Tabanan diraih oleh Yowana Banjar Sudimara Kelod. dan Juara terkreatif pilihan Wakil Bupati Tabanan diraih oleh Yowana Banjar Pande. Pemenang ini masing-masing mengantongi hadiah sebesar Rp 5 juta. @ des

Komentar