nusabali

38 Km Jalan Rusak, Disiapkan Rp 61 Miliar

Perbaikan Jalan di Buleleng Tahun Ini

  • www.nusabali.com-38-km-jalan-rusak-disiapkan-rp-61-miliar

Peningkatan jalan dengan hotmix ini ada yang sumber anggarannya dari DAK Fisik Rp 11 miliar dan Rp 50 miliar lainnya dari APBD Kabupaten Buleleng.

SINGARAJA, NusaBali 
Ruas jalan rusak sepanjang 38 kilometer yang tersebar di sembilan kecamatan wilayah Buleleng akan diperbaiki tahun ini. Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Buleleng, sudah menyiapkan anggaran total Rp 61 miliar untuk perbaikan jalan dan juga pembangunan dua jembatan. 

Program perbaikan jalan rusak dengan hotmix ini diputuskan sesuai dengan prioritas dan skala kerusakan yang ada. Peningkatan jalan ini dipastikan merata di seluruh wilayah Buleleng. Seluruh program perbaikan fisik ini juga merupakan usulan dari masyarakat selama ini. 

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana ditemui Kamis (22/2) kemarin mengatakan, perbaikan menyasar seluruh kecamatan, berdasarkan usulan dan aspirasi yang diserap pada saat kunjungan kerja Pj Bupati beberapa waktu lalu. “Seluruh kecamatan di Buleleng saya siapkan infrastruktur terutama perbaikan jalan rusak dan jembatan. Terlebih tahun ini sudah mulai ada dilakukan belanja wajib pembangunan infrastruktur,” terang Lihadnyana

Sementara itu Kadis PUTR Buleleng, I Putu Adiptha Eka Putra menambahkan, peningkatan jalan dengan hotmix ini ada yang sumber anggarannya dari DAK Fisik Rp 11 miliar dan Rp 50 miliar lainnya dari APBD Kabupaten Buleleng. Menurutnya 26 ruas jalan yang ditindaklanjuti tahun ini seluruhnya menjawab usulan dan permohonan dari masyarakat untuk perbaikan jalan rusak. 

Selain itu juga ada dua jembatan yang akan diperbaiki tahun ini. Yakni Jembatan Pangkung Pendem Kelurahan Penarukan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Jembatan sepanjang 5 meter itu akan dibangun menggunakan box culvert. Selain itu juga ada jembatan Tukad Mendaum di ruas jalan Mayong-Poh Asem.Desa/Kecamatan Banjar, Buleleng. Jembatan baru akan dibangunkan sepanjang 6 meter. 

“Dua jembatan ini memang sudah rusak karena sudah usia, jadi kami prioritaskan mendapat penanganan tahun ini. Sekarang sudah dalam proses persiapan lelang tender melalui e-catalog, sedang dalam pemilihan kontrak,” kata Adiptha.7 k23

Komentar