nusabali

Pemkab Segera Turunkan Tim Pengkaji

Soal Kerusakan Fisik Pasar Anyar Buleleng

  • www.nusabali.com-pemkab-segera-turunkan-tim-pengkaji

Fraksi Golkar menyoroti soal kondisi fisik Pasar Anyar terutama lantai dua yang mulai keropos

SINGARAJA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Buleleng segera akan membentuk tim khusus untuk mengkaji kondisi bangunan fisik Pasar Anyar Buleleng yang belum lama ini disoroti Fraksi Golkar DPRD Buleleng. Hasil kajian tim ini akan menjadi pertimbangan tindak lanjut dan penanganan tepat yang harus diambil pemerintah.
 
Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Buleleng Ketut Lihadnyana saat menyampaikan jawaban Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Buleleng, pada Rapat Paripurna atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Buleleng, Selasa (16/4) di gedung dewan.
 
Sebelumnya Fraksi Golkar menyoroti soal kondisi fisik Pasar Anyar terutama lantai dua yang mulai keropos. Bahkan jika dilihat dari bawah besi rangka beton nampak terlihat jelas di beberapa titik. Kondisi ini terjadi karena umur sudah tua dan dikhawatirkan akan menyebabkan mara bahaya bagi pedagang dan pengunjung pasar.
 
“Kami akan lakukan penilaian kondisi fisik Pasar Anyar dulu. Apa saja yang diperlukan berapa tingkat kerusakan khusus di lantai dua, sehingga nanti bisa diambil langkah apakah perlu renovasi total atau penataan yang lebih maksimal,” ucap Lihadnyana.

Foto Lantai plafon Pasar Anyar yang mulai keropos. -LILIK

Selain menerjunkan tim penilai bangunan, Pemkab Buleleng juga akan memaksimalkan kembali pemanfaatan lantai dua Pasar Anyar. Sebab hingga kini, pedagang-pedagang daging dan sayur mayur yang diinstruksikan untuk kembali menempati lapak-lapak mereka di lantai dua masih bertahan di lantai satu.
 
Penataan dan penertiban di Pasar Anyar juga akan dilakukan secara berkelanjutan. Termasuk pada kawasan pusat pertokoan. Penertiban kepada pedagang bermobil yang menggunakan ruas jalan untuk berjualan telah rutin dilakukan bersama instansi terkait. Terutama pada ruas Jalan Diponegoro dan kawasan Pasar Anyar. Namun demikian, evaluasi akan terus dilakukan bersama pihak-pihak terkait terhadap penataan yang sudah dilakukan selama ini.

Terkait kebersihan Pasar Anyar Lihadnyana mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan. Pengelola pasar telah didorong memberikan aturan-aturan kepada pedagang untuk menyiapkan tong sampah di masing-masing lapaknya. Selain itu, upaya-upaya pembersihan juga terus dilakukan baik itu oleh dinas terkait dan juga pengelola pasar.

“Kami terus akan melakukan upaya-upaya konkrit untuk menjaga kebersihan di Pasar Anyar. Utamanya, mendorong pengelola pasar memberikan aturan yang jelas kepada para pedagang,” papar Lihadnyana.7 k23

Komentar