nusabali

Quartararo Minta Yamaha Tingkatkan Performa YZR-M1

Vinales dan Espargaro Tak Sabar Tunggangi RS-GP24 di Qatar

  • www.nusabali.com-quartararo-minta-yamaha-tingkatkan-performa-yzr-m1

SEPANG, NusaBali - Fabio Quartararo meminta Yamaha bekerja lebih keras menjelang balapan MotoGP 2024. El Diablo menilai motor YZR-M1 milik Yamaha masih punya banyak kekuarangan terutama saat keluar dari tikungan.

Hal itu membuat Quartararo kesulitan melaju maksimal dalam tes pramusim MotoGP 2024 di Malaysia. Rider asal Prancis itu bahkan terpaut catatan waktu cukup jauh dari para pesaingnya.

“Kami tidak tahu. Fast lap, itu yang kita lewatkan tapi kita tidak tahu persisnya di mana. Keluar dari tikungan adalah saat motor kami masih cukup bergetar dan kami harus memperbaikinya. Kami harus bekerja keras dan melihat apakah kami dapat menemukan sesuatu,” kata Quartararo, Jumat (16/2).

Walaupun dia mengakui kecepatan M1 2024. Namun tetap saja El Diablo, julukan Quartararo, masih kesulitan mencatat waktu tercepatnya dalam satu lap. Hal itulah yang menurutnya masih menjadi masalah utama tim pabrikan asal Jepang tersebut.

“Saya kira kecepatannya juga sesuai dengan acuan pengereman. Saya tidak mengatakan motornya lambat, motornya sangat cepat tapi referensi pengereman juga membuatnya sedikit aneh pada kecepatan tertinggi,” kata juara dunia 2021 itu.

“Namun ini sangat positif untuk memiliki motor yang cepat tapi kami masih harus meningkatkan putaran cepat kami. Satu putaran kami sangat kami lewatkan dan ini adalah masalah terbesar kami saat ini,” kata Quartararo.

Ya, Quartararo akan membalap bersama Alex Rins di MotoGP 2024 nanti. Duet keduanya diharapkan bisa memberikan dampak positif untuk tim pabrikan Yamaha musim ini.

Sementara itu, dua rider Aprilia Racing, Maverick Vinales dan Aleix Espargaro tak sabar menanti ujicoba pramusim ketiga MotoGP 2024 di Qatar bersama motor Aprilia RS-GP24, yang sudah dijajal saat di Sirkuit Sepang, Malaysia, pekan lalu.

“RS-GP baru sangat potensial. Tim Aprilia benar-benar telah bekerja keras selama musim dingin,” kata Vinales.

“Saya puas dengan hasil uji coba pertama. Jika kita membandingkan dengan peningkatan di tahun lalu, saya rasa tidak ada yang berkembang sepesat kami,” tambah Espargaro.

Adapun Aprilia Racing menghadirkan inovasi aerodinamika baru pada motor RS-GP24. Hasil uji coba pertama menunjukkan motor Aprilia memiliki kinerja yang memuaskan dan potensi tinggi, meskipun karakteristiknya perlu disesuaikan dengan gaya balap setiap pembalap.

Vinales mengatakan dirinya merasa optimistis dengan tunggangan barunya yang kini didominasi oleh warna hitam tersebut.

“Kami masih akan ujicoba di Qatar untuk persiapan diri menjalani balapan pertama, tapi saat ini, menurut saya, kami sudah melalui proses ini setengah jalan,” ujar Vinales.

Sependapat, rekan satu timnya, Espargaro mengatakan, karakter RS-GP terbaru membuatnya bisa melintas lebih cepat di tikungan, yang cocok dengan gaya berkendaranya.

“RS-GP baru juga terasa lebih stabil, meskipun lebih menantang dan masih perlu banyak peningkatan,” kata Espargaro.

Dia menilai, ujicoba pramusim di Sepang dan Qatar akan menjadi momen dimana ia dan tim akan mempelajari motor ini lebih lanjut sehingga seluruh potensinya bisa keluar dengan maksimal saat MotoGP musim 2024 dimulai.

Kini, MotoGP bergerak menuju ke Sirkuit Lusail, Qatar, untuk ujicoba terakhir pada 19 dan 20 Februari. Sedangkan musim baru resmi dimulai di trek yang sama pada 8-10 Maret. ant

Komentar