nusabali

51 TPS di Badung Rampung Rekapitulasi Tingkat Kecamatan

  • www.nusabali.com-51-tps-di-badung-rampung-rekapitulasi-tingkat-kecamatan

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebanyak 51 dari 1.485 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Badung telah rampung melakukan penyandingan data atau rekapitulasi di tingkat kecamatan sejak Jumat (16/2/2024).

Sejumlah TPS ini tersebar di dua desa yakni Desa Abiansemal dan Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal. Kedua desa ini masing-masing memiliki 23 TPS dan 28 TPS.

I Nyoman Dwi Suarna Artha, Anggota KPU Kabupaten Badung/Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan menjelaskan, sejatinya ada tiga daerah pemilihan (dapil) yang melakukan rekapitulasi tingkat kecamatan sejak Jumat yakni Abiansemal dan Kuta Selatan.

Namun, Dapil Kuta Selatan yang pada Jumat diagendakan merekapitulasi TPS di Kelurahan Jimbaran ditunda. Sebab, terdapat kendala pada aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi Suara (Sirekap). Rekapitulasi di Kuta Selatan dimulai kembali Sabtu (17/2/2024) ini.

"Proses rekapitulasi di tingkat kecamatan ini adalah penyandingan data antara formulir C.HASIL dengan yang terunggah di Sirekap, juga yang dipegang oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS), saksi, dan Pengawas TPS (PTPS)," ungkap Suarna Artha ketika ditemui di Kantor Camat Petang pada Sabtu pagi.

Lanjut Suarna Artha, proses sinkronisasi Sirekap disaksikan bersama melalui layar. Apabila data C.HASIL setiap jenis pemilihan yang dipegang oleh pihak-pihak ini sudah sinkron, rekapitulasi dinyatakan selesai. Selanjutnya, rekapitulasi digeser ke TPS lain dalam satu desa/kelurahan.

"Tidak ada hasil rekapitulasi di tingkat desa, adanya di kecamatan. D.HASIL KECAMATAN ini ada setelah nanti semua TPS di kecamatan itu sudah selesai direkapitulasi," imbuh Suarna Artha yang juga mantan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mengwi.

Kata Suarna Artha, tantangan saat rekapitulasi di tingkat kecamatan ini masih ada pada akses Sirekap. Sebab, kadang terjadi proses antrean lalu lintas web dan hasil penerjemahan angka pada formulir yang belum maksimal.

Sementara itu, seluruh PPK di Kabupaten Badung sudah bekerja Sabtu ini. Rekapitulasi kecamatan di Dapil Abiansemal dan Kuta Utara diharapkan sudah rampung pada Senin (19/2/2024) ini. Disusul Petang pada Selasa (20/2/2024) dan Kuta pada Sabtu (24/2/2024).

TPS di empat kecamatan ini berjumlah di bawah 300. Sedangkan, rekapitulasi kecamatan di Dapil Mengwi dan Kuta Selatan diharapkan sudah rampung pada Minggu (25/2/2024). Dua dapil ini masing-masing memiliki 383 dan 314 TPS.

Saat ini, Dapil Petang dilaporkan tengah memproses TPS di Desa Pelaga. Kemudian, Dapil Abiansemal memproses TPS di Desa Taman dan Sibanggede, Dapil Mengwi memproses TPS di Desa Penarungan dan Kelurahan Sempidi.

Di Badung selatan, Dapil Kuta Utara memproses TPS di Desa Canggu, Tibubeneng, dan Kelurahan Kerobokan Kaja. Sedangkan Dapil Kuta sedang memproses TPS di Kelurahan Seminyak, Kedonganan, dan Legian.

Dapil Kuta Selatan yang prosesnya sempat tertunda pada Jumat, kini melanjutkan proses rekapitulasi tingkat kecamatan untuk TPS di Kelurahan Jimbaran, Tanjung Benoa, dan Desa Kutuh. *rat

Komentar