nusabali

PDIP Kembali Kuasai Kursi DPRD Tabanan

Sejumlah New Comer Diprediksi Lolos

  • www.nusabali.com-pdip-kembali-kuasai-kursi-dprd-tabanan

TABANAN, NusaBali - PDIP dipastikan akan kembali menguasai kursi DPRD Tabanan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2024. Bahkan diprediksi raihan kursi akan naik menjadi 30 kursi dari total 40 kursi DPRD Tabanan. Sementara pada Pileg 2019 PDIP berhasil menempatkan 28 wakilnya di DPRD Tabanan. Sejumlah caleg pendatang baru (New Comer) pun diprediksi akan lolos.

Informasi yang dihimpun menyebutkan diprediksi ada empat new comer yang bakal melenggang ke kursi DPRD Tabanan bahkan kemungkinan bisa lebih. Dari Dapil I Tabanan-Kerambitan satu new comer diprediksi akan lolos di tengah ketatnya persaingan. Dia adalah I Nengah Surajaya mantan Perbekel Sembung Gede, Kecamatan Kerambitan. 

Sedangkan posisi incumbent masih aman artinya semua lolos. Adapun incumbent tersebut adalah I Made Dirga, I Wayan Widnyana, Ni Made Rahayuni, I Wayan Lara, I Ketut Arsana Yasa, I Gusti Komang Wastana dan I Gede Putu Desta Kumara. Kemudian di Dapil III (Penebel-Baturiti) ada satu new comer yang diprediksi lolos, yakni Gede Made Dedy Pratama notabene adik kandung Mantan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Kemudian tiga incumbent lainnya masing-masing I Nyoman Arnawa, Ni Made Dewi Trinayanti, dan I Wayan Suta lolos. 

Lalu di Dapil IV (Kediri-Marga) ada dua new comer yang juga diprediksi melenggang ke kursi dewan, yakni I Nyoman Sukanada dan I Gusti Ketut Artayasa. Incumbent yang lolos adalah I Putu Eka Putra Nurcahyadi, Anak Agung Sagung Ariani, Putu Yuni Widyadnyani, I Wayan Sudiana, I Gusti Ngurah Mayun, I Made Suarta, dan I Gede Oka Winaya. Sementara satu orang incumbent diprediksi tidak lolos.

Terakhir adalah di Dapil II (Selemadeg Raya-Pupuan) belum bisa melahirkan calon wakil anyar (new comer). Namun seluruh incumbent dipastikan lolos. Mereka adalah Anak Agung Nyoman Darma Putra, I Wayan Eddy Nugraha Giri, Ni Nyoman Ayu Wahyuni, I Gede Purnawan, Ni Made Suryani, I Made Muskadana, dan I Gusti Nyoman Omardani. Dikonfirmasi terkait informasi ini Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDIP Tabanan, I Gusti Nyoman Omardani mengatakan saat ini tim di PDIP sedang melaksanakan input data. Hingga, Jumat siang data belum masuk 100 persen. "Kita target input data masuk 100 persen, Jumat sore," ujarnya, Jumat (16/2). 

Dia merinci, secara umum raihan suara untuk Pilpres kemenangan Ganjar-Mahfud diangka 60 persen dari data yang sudah masuk sebanyak 89 persen. Kemudian untuk Pileg DPRD Provinsi Bali dari data yang masuk baru 76 persen sudah berpotensi mengantongi 4 kursi. "Total dari 76 persen data yang masuk, kita mengantongi suara 184.000 dari 254.800 suara sah," jelasnya. Selanjutnya untuk Pileg di DPRD Tabanan di Dapil I dari 76 persen data yang masuk sudah mengantongi 42.869 suara dari 57.300 suara sah sehingga sudah berpotensi mendapat 8 kursi. Lalu di Dapil II dari total 70.146 suara yang didapat PDIP baru mendapatkan 54.160 suara. Artinya kurang lebih sudah mendapat 8 kursi. 

Kemudian di Dapil III dari 50.337 suara, PDIP sudah mengantongi 32.000 suara artinya sudah berpotensi mendapatkan 6 kursi. Dan terakhir di Dapil IV total suara yang sudah masuk mencapai sejumlah 71.895. "Dapil IV sudah berpotensi mendapatkan kursi 9," jelas Omardani. 

Disinggung mengenai caleg mana saja yang lolos, Omardani mengaku belum masuk sampai ranah orang. Baru menghitung pada jumlah kursi yang didapat. "Ini kan masih input data, masih akumulasi suara belum masuk ke orang. Yang jelas dari yang ditarget kita melampaui," tandasnya. 7 des

Komentar