nusabali

Kotak Suara Mulai Loading ke PPK

  • www.nusabali.com-kotak-suara-mulai-loading-ke-ppk

SINGARAJA, NusaBali - Pasca tahap proses pungut hitung Pemilu 2024 selesai Rabu (14/2), seluruh kotak suara mulai dikirim dari desa/kelurahan ke tempat penyimpanan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Pengiriman dilakukan serentak, seluruh kotak suara diwajibkan sudah tiba di gudang penyimpanan PPK dalam sehari yakni Kamis (15/2) kemarin.

Total ada 11.375 kotak suara di 2.275 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 149 desa/kelurahan di Buleleng. Tempat penyimpanan di 9 PPK pun sebelumnya sudah dipastikan tempat yang represntatif. PPK Kecamatan Seririt memanfaatkan Balai Desa Tangguwisia, PPK Kecamatan Buleleng di gedung lama Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), PPK Tejakula di Kantor Korwil Tejakula, PPK Banjar di Wantilan Kertha Locita Desa Banjar. Sedangkan untuk PPK Kubutambahan, Sawan, Sukasada, Gerokgak dan Busungbiu memanfaatkan ruang-ruang di Kantor Camat.

Selanjutnya sejak tiba di tempat penyimpanan hingga berakhir rapat pleno rekapitulasi hasil perolehan di tingkat kecamatan, akan dijaga ketat oleh PPK dan juga petugas keamanan dari kepolisian dan TNI. Divisi Pendidikan Pemilih dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Buleleng Putu Arya Suarnata mengatakan, untuk jadwal rapat pleno rekapitulasi perolehan suara tingkat Kecamatan akan dilakukan mulai tanggal 17-28 Februari 2024 ini.

“Jadwal rapat pleno tingkat kecamatan sudah ditentukan per masing-masing kecamatan. Startnya bersamaan pada tanggal 17, tetapi selesainya nanti tidak beda-beda, itu disesuaikan dengan kondisi dan jumlah TPS. Paling lama itu di Kecamatan Buleleng terakhir tanggal 28 Februari,” jelas Arya Suarnata.

Setelah rapat pleno di kecamatan selesai, baru akan diplenokan di tingkat kabupaten oleh KPU Buleleng. Sementara itu, Ketua PPK Sukasada Made Artawan saat dikonfirmasi disela kegiatan pengiriman kotak suara mengatakan, dari desa/kelurahan dikawal ketat unsur Linmas, kepolisian dan TNI. Kendaraan yang digunakan untuk mengangkut kotak suara pun sesuai dengan ketentuan yang menjamin kotak suara aman sampai di tujuan.

Khusus di Kecamatan Sukasada ada 14 desa dan 1 kelurahan dengan jumlah TPS 256 TPS. Sedangkan jumlah kotak suara sebanyak 1.280. Melihat jumlahnya, PPK memanfaatkan aula Kantor Camat Sukasada. “Untuk pleno kami mendapat jadwal mulai tanggal 17-24 Februari. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan tidak ada kendala,” kata Artawan.7 k23

Komentar