nusabali

Ganjar Hanya Unggul di Tabanan, Gianyar dan Bangli

  • www.nusabali.com-ganjar-hanya-unggul-di-tabanan-gianyar-dan-bangli

DENPASAR, NusaBali - Raihan suara Pasangan Capres-Cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) unggul di sebagian besar kabupaten/kota di Bali.

Berdasarkan hasil perhitungan suara KPU yang dikutip dari https://pemilu2024.kpu.go.id/, pasangan Prabowo-Gibran unggul di Badung, Buleleng, Jembrana, Klungkung, Kota Denpasar, dan Karangasem. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md (Ganjar-Mahfud) hanya unggul di Kabupaten Tabanan, Gianyar dan Bangli.

Dari data yang terpantau hingga pukul 19.00 WIB/20.00 Wita semalam, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin) hanya meraih 17.689  suara (3,57 persen), Prabowo-Gibran raih 258.774 suara (52,21 persen) dan Ganjar-Mahfud mendapatkan 219.159 suara (44,22 persen).

Komisioner KPU Bali I Gede John Darmawan menyampaikan data yang masuk tersebut telah disertai form C hasil yang menjadi data pembanding sehingga datanya valid. Ia menjelaskan, adanya beberapa video di media sosial yang menunjukkan adanya perbedaan data antara hasil rekap suara di TPS dengan data yang diinput di aplikasi Sirekap diakibatkan sistem Sirekap yang cukup sensitif.

“Jadi aplikasi salah membaca. Dalam aplikasi Sirekap ada poin revisi, KPPS bisa melakukan perbaikan,” jelasnya.

John Darmawan mengungkapkan, pihaknya belum menerima pengaduan secara resmi terkait dugaan kecurangan dalam pemungutan maupun penghitungan suara pada Pemilu serentak, Rabu (14/2). Menurutnya Pemilu berjalan cukup kondusif. Meskipun terjadi beberapa hambatan seperti hujan yang menyebabkan tiga TPS terpaksa direlokasi, surat suara yang Dapilnya tertukar, dan adanya miskomunikasi masyarakat yang tidak dapat menggunakan hak suaranya. “Pemungutan suara ulang hampir seluruhnya dilaksanakan kondusif tetapi ada kendala secara cuaca, teknis, dan hukum,” sebutnya.  

Sementara dari Tabanan dilaporkan pasangan Ganjar-Mahfud dipastikan unggul. Berdasarkan penghitungan C1 dari tim saksi di masing-masing TPS, kemenangan Ganjar-Mahfud mencapai 61 persen suara di Tabanan. Sementara pasangan 02 Prabowo-Gibran diangka 37 persen dan pasangan 01 Anies-Muhaimin di angka 1 persen.

Ketua Tim Pemenangan Ganjar -Mahfud di Tabanan, I Gusti Nyoman Omardani mengatakan data yang masuk hingga, Kamis siang, Ganjar-Mahfud unggul di Tabanan. "Kami diangka 61 persen. Ini bukan klaim sudah pasti. Karena data masuk berdasarkan C1 dari tim saksi," ujarnya, Kamis kemarin. Disebutkan persentase keunggulan tersebut dari 70 persen data yang telah dirangkum. Dan diusahakan rangkuman data masuk 100 persen Kamis sore.

Omardani menegaskan dari data yang masuk, keunggulan Ganjar-Mahfud paling tinggi ada di Kecamatan Marga, kemudian disusul Kecamatan Selemadeg, lalu Kecamatan Selemadeg Timur dan Pupuan. Kemudian Kecamatan Penebel, Kecamatan Selemadeg Barat, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Baturiti dan terakhir di Kecamatan Kediri.

"Di Marga tertinggi capai 75 persen, sedangkan di Kecamatan Kediri sekitar 50 persen plus. Itu sudah berdasarkan input C1," tegas politisi asal Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan ini. Sedangkan dari Buleleng data yang dihimpun NusaBali di lapangan, Kamis  kemarin dari hasil perhitungan sementara dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Buleleng sebanyak 611.901 jiwa di 9 dapil, paslon Prabowo-Gibran unggul hampir di seluruh wilayah Buleleng. Prabowo-Gibran hanya kalah di dapil IV Kecamatan Tejakula, yang memenangkan paslon Ganjar-Mahfud.

Dari total suara sah sebanyak 436.086, paslon Prabowo Gibran memperoleh suara 250.430 atau 57,42 persen. Kemudian disusul oleh paslon nomor urut 03 Ganjar-Mahfud dengan 163.700 suara atau 37,53 persen dan paslon Anies-Muhaimin hanya berhasil mengumpulkan suara 21.956 atau 5,03 persen.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Kabupaten Buleleng, Gede Harja Astawa dikonfirmasi Kamis kemarin mengatakan perolehan jagoannya memang mendominasi. Hanya saja Harja tidak mau sesumbar. Sebab hingga pukul 17.00 Wita kemarin TKD, masih melakukan rekapitulasi perolehan suara yang lebih akurat.

“Proses masih terus berjalan. Kami masih memvalidasi data agar lebih akurat dan tidak bisa diragukan. Datanya sedang berproses sehingga kami tidak mau terlalu bereforia,” ucap Harja. Namun kemenangan Prabowo-Gibran di Buleleng merupakan hasil kerja semua pihak. mulai dari kader, tim kampanye daerah, relawan dan juga simpatisan. Selain juga menurut Harja ada faktor alam yang cukup mendukung kemenangan Prabowo-Gibran, yakni isu pembangunan Bandara Bali Utara.

“Kerinduan masyarakat Buleleng agar bisa dibangun Bandara Bali Utara menjadi salah satu jalan politik Prabowo-Gibran. Astungkara apa yang menjadi janji politik beliau sehera terwujud,” imbuh Ketua DPC Gerindra Buleleng ini. Di sisi lain kemenangan Prabowo-Gibran  disambut gembira oleh Manggala Utama Trah Tunggal Ki Barak Panji Sakti, Anak Agung Wiranata Kusuma, yang berkesempatan berdiskusi langsung dengan Gibran Rakabuming saat berkampanye di Buleleng. “Saat kunjungan ke Buleleng itu, beliau ada 3 janji, tetapi bagi kami satu saja dipenuhi sudah cukup. Apakah pembangunan bandara, pelabuhan atau pengembalian ibu kota. Ini penting bagi kami di Bali Utara untuk akses yang lebih cepat dan mendukung pembangunan juga,” terang Wiranata.

Keunggulan pasangan Prabowo-Gibran juga dilaporkan dari Badung. Dari hasil hitung suara yang sudah masuk di situs pemilu2024.kpu.go.id, paslon Prabowo – Gibran mengungguli pasangan nomor urut 03 yang diusung oleh PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan perolehan sementara 52,82 persen.

Melansir dari situs resmi milik KPU RI tersebut, hingga Kamis malam, progres data yang sudah masuk di angka 44,24 persen atau 657 dari 1.485 TPS. Dari perolehan sementara, Prabowo-Gibran unggul 52,82 persen dengan 27.003 suara, disusul oleh Ganjar-Mahfud MD dengan perolehan 45,16 persen yakni sebanyak 23.087 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar hanya kebagian 2,01 persen dengan 1.030 suara.

Masih dari data sementara yang sama, jika dirinci per kecamatan, pasangan Ganjar-Mahfud MD hanya unggul di Kecamatan Petang dengan raihan 50,72 persen atau sebanyak 1.057 suara, Prabowo-Gibran 46,21 persen dengan 963 suara, dan Anies-Imin 3,07 persen dengan 64 suara. Sedangkan di lima kecamatan lainnya di Gumi Keris, pasangan Prabowo-Gibran unggul. Dari Karangasem Prabowo-Gibran dilaporkan sementara unggul dengan 31.847 suara atau 59,54 persen mengungguli pasangan Ganjar-Mahfud yang raih 20.210 suara atau 37,79 persen, dan Anies-Muhaimin dengan 1.427 suara atau 2,67 persen. Data ini merupakan hasil rekap KPU Karangasem melalui Sirekap, yang masuk di Sekretariat KPU Karangasem Jalan Bhayangkara 6 Amlapura, Kamis kemarin. 7 a, k23, ind, des, k16

Komentar