nusabali

Ribuan Warga Binaan Pemasyarakatan di Bali Antusias Ikuti Pencoblosan

  • www.nusabali.com-ribuan-warga-binaan-pemasyarakatan-di-bali-antusias-ikuti-pencoblosan

DENPASAR, NusaBali.com - Sebanyak 3.935 warga binaan pemasyarakatan (WBP) di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali, ikut serta berpartisipasi menentukan hak pilihnya dalam Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024).

Kegiatan pencoblosan yang diperuntukkan khusus bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), dilaksanakan di seluruh Rutan dan Lapas di Bali.

Dari total jumlah warga binaan yang ikut berpartisipasi itu, sebanyak 3.618 laki-laki dan 317 WBP perempuan. 

Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Romi Yudianto, mengatakan bahwa antusiasme warga binaan mengikuti pencoblosan di seluruh Rutan dan Lapas yang ada di Bali terpantau sangat tinggi. Hal ini dilihat dari tingkat kehadiran warga binaan untuk datang mencoblos di setiap TPS yang sudah disediakan.

“Proses pencoblosan di Lapas dan Rutan diawasi langsung oleh petugas KPU dan Bawaslu,” kata  Romi.

Pihaknya juga telah melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran proses pencoblosan di Rutan dan Lapas di Bali. Petugas keamanan juga disiagakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung.

"Kami ingin memastikan bahwa semua warga binaan mendapatkan hak pilihnya dan proses pemilu berjalan dengan aman dan demokratis. Kemenkumham Bali juga telah berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu Bali untuk memastikan hak pilih warga binaan dapat terpenuhi," kata Romi.

Penyelenggaraan Pemilu di Lapas dan Rutan merupakan wujud demokrasi yang inklusif. Hal ini menunjukkan bahwa semua warga negara, termasuk mereka yang sedang menjalani hukuman, memiliki hak untuk memilih pemimpin bangsa. *ol4

Komentar