nusabali

Walikota Jaya Negara Tinjau Kesiapan TPS

Ajak Seluruh Masyarakat Gunakan Hak Pilih dan Jaga Kondusifitas

  • www.nusabali.com-walikota-jaya-negara-tinjau-kesiapan-tps

DENPASAR, NusaBali - Memasuki H-1 Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melaksanakan persiapan pembuatan tempat pemungutan suara (TPS).

Untuk memastikan seluruh persiapan berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur, Pemkot Denpasar bersama stakeholder terkait melaksanakan pemantauan TPS yang dipimpin Walikota I Gusti Ngurah Jaya Negara pada Selasa (13/2).

Peninjauan diawali di TPS Banjar Petangan Gede, Desa Ubung Kaja, Denpasar Utara, dilanjutkan TPS di Banjar Mertagangga, Desa Tegal Kerta, Denpasar Barat. Untuk Kecamatan Denpasar Selatan peninjauan dilaksanakan di Banjar Puri Agung, Kelurahan Sesetan dan Kecamatan Denpasar Timur peninjauan dilaksanakan di Banjar Kedaton, Desa Sumerta Kelod.

Walikota Jaya Negara bersama rombongan, yakni, Ketua DPRD Denpasar I Gusti Ngurah Gede, Dandim 1611 Badung Kolonel Inf Teguh Waluyo, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Wisnu Prabowo, Kajari Denpasar Agus Setiadi, perwakilan Pengadilan Negeri Denpasar, Ketua KPU Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni, Ketua Bawaslu Denpasar Putu Hardy Sarjana, Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, pimpinan OPD, meninjau satu per satu sarana dan prasarana TPS. Mulai dari lokasi bilik suara, tempat duduk saksi, lokasi kotak suara hingga tempat tinta pemilih.

Jaya Negara mengatakan pemantauan ini guna memastikan seluruh persiapan di TPS sudah terlaksana dengan baik serta sesuai dengan aturan yang berlaku. Hal ini berkaitan dengan denah memilih yang harus disesuaikan serta pendistribusian logistik, sehingga proses pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar.

Jaya Negara juga mengajak seluruh  masyarakat yang sudah berhak memilih untuk menggunakan hak pilih di TPS. Hal ini lantaran pemilu merupakan tonggak penting dalam menentukan arah pembangunan ke depan.

“Jangan golput, karena pemilu sangat penting sekali dan kita harus berperan aktif karena pembangunan ini tergantung kita,” ujar Jaya Negara.

Selain itu, Jaya Negara juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kondusifitas agar pemilu berjalan aman, lancar, dan damai sesuai dengan asas pemilu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

“Siapa pun pilihannya yang terpenting Denpasar tetap aman, damai, dan kondusif, sehingga dapat mendukung pembangunan berkelanjutan menuju Denpasar Maju,” ujar Jaya Negara.

Ketua KPU Kota Denpasar Dewa Ayu Sekar Anggraeni mengatakan bahwa  kesiapan seluruh TPS yang jumlahnya sebanyak 1.887 yang tersebar di empat kecamatan telah dilakukan pemantauan melalui PPK dan PPS. Sehingga kemungkinan terjadinya masalah dapat diminimalisir. Selain itu, pihaknya juga telah memastikan 495.896 masyarakat yang telah terdaftar dalam DPT dapat menggunakan hak pilihnya.

“Dengan segala persiapan yang terus kami maksimalkan, kami berharap pelaksanaan pemilu tahun 2024 ini dapat berjalan lancar, sukses, dan kondusif, serta sesuai dengan aturan dengan tetap menjunjung tinggi asas langsung, umum, bebas, dan rahasia,” kata Anggraeni. @ mis

Komentar