nusabali

Logistik Pemilu 2024 Didistribusikan di Hari H, Ini Alasannya!

  • www.nusabali.com-logistik-pemilu-2024-didistribusikan-di-hari-h-ini-alasannya

DENPASAR, NusaBali.com - Distribusi logistik Pemilu 2024 di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kota Denpasar akan dilakukan pada hari H pemungutan suara, 14 Februari 2024. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan pengamanan dan menghindari potensi kerusakan atau penyalahgunaan logistik.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Dangin Puri Klod, I Made Dwi Suanjaya, mengatakan bahwa logistik Pemilu yang diterima pada Senin sore disimpan di Kantor Desa Dangin Puri Klod. "Kami putuskan untuk mendistribusikan logistik besok pagi (Rabu, 14/2) sekitar pukul 04.00 Wita, karena tidak ada tempat penyimpanan yang aman di setiap TPS," jelas Made Suanjaya.

Langkah serupa juga diterapkan di Desa Dauh Puri Kangin. Ketua PPS Desa Dauh Puri Kangin, Nyoman Agus Suanda, menuturkan bahwa penundaan distribusi logistik merupakan hal yang selalu diterapkan pada saat Pemilu untuk menjaga keamanan. "Logistik akan dikirim ke TPS-TPS tepat pukul 05.00 Wita dengan pengawasan dari pihak berwenang," kata Agus.

Ketua PPS Desa Dangin Puri Klod, I Made Dwi Suanjaya (kiri) dan Ketua PPS Desa Dauh Puri Kangin, Nyoman Agus Suanda (kanan).

Menjaga Hak Pilih dan Kelancaran Pencoblosan

Di Desa Dangin Puri Klod, terdapat 190 kotak suara untuk 10.270 DPT (Daftar Pemilih Tetap) dan 135 DPTb (Daftar Pemilih Tambahan) ditambah 2% surat suara cadangan. Pencoblosan diprioritaskan untuk DPT mulai pukul 07.00 Wita, dan DPTb mulai pukul 11.00 Wita. 

Kendatipun demikian, petugas di lapangan akan sangat terbuka memberikan kesempatan bagi DPTb mengambil kesempatan di pagi hari untuk mencoblos, apabila mempunyai alasan atau urusan lain yang bersifat mendesak.

Para pemilih ini akan menunaikan hak pilihnya di 38 TPS. “TPS yang digunakan nantinya adalah Pura, Balai Banjar, dan sekolah,” kata Ketua PPS Desa Dangin Puri Klod.

Jumlah Kotak suara yang tersedia di Desa Dauh Puri Kangin berjumlah 65 kotak yang akan dibagi ke 13 TPS dengan masing-masing TPS akan mendapat 5 kotak suara. Dari data terkini, jumlah DPT yang sudah terdaftar di Desa Dauh Puri Kangin sebanyak 3.335 pemilih. Sedangkan untuk DPTb,  hingga saat ini pihak PPS sendiri tidak mengantongi data pemilih tambahan.

“Walaupun pendistribusian logistik ditunda, proses setting TPS tetap dijalankan (Selasa) hari ini, mulai dari penataan kursi, meja, dan perlengkapan tambahan lainnya,” terang Agus, Selasa sore.*ol4

Komentar