nusabali

Kreativitas Membara di Banjar Anggarkasih Sanur: ‘Pitik Bengil’ Menyambut Nyepi

  • www.nusabali.com-kreativitas-membara-di-banjar-anggarkasih-sanur-pitik-bengil-menyambut-nyepi

DENPASAR, NusaBali.com – Semarak Tahun Baru Caka 1946 semakin terasa di Banjar Anggarkasih, Sanur. Sejak seminggu terakhir, semangat berkarya para pemuda di ST Dharma Ywana bergelora dalam menggarap ogoh-ogoh unik bertema ‘Pitik Bengil’.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Banjar Anggarkasih memilih untuk fokus mematangkan bakat dan kreativitas internal tanpa mengikuti lomba di tingkat Kota Denpasar.

"Kami ingin memaksimalkan potensi SDM di sekaa teruna kami," ungkap Ida Bagus Swambha Ditya (Gus Anom), Ketua Panitia Ogoh-Ogoh 2024. 

"Tahun ini kami fokus berbenah, mungkin di tahun berikutnya kami siap bersaing di tingkat kota," ujarnya saat ditemui Rabu (31/1/2024)

Ogoh-ogoh ‘Pitik Bengil’ menghadirkan visualisasi unik: perpaduan manusia berkepala manusia dan anak ayam (pitik) yang basah kuyup layaknya tersiram air panas hingga mengeluarkan api. 

Meskipun anggaran tergolong minim, yaitu Rp 6 juta, semangat kreatif para pemuda tak surut. Pemanfaatan besi dan bambu dari tahun sebelumnya menjadi solusi cerdas untuk menekan biaya.

Proses pengerjaan ogoh-ogoh berlangsung dari pukul 13.00 hingga 23.00, diwarnai dengan semangat gotong royong dan kekompakan para anggota ST.

Harapannya, ogoh-ogoh ‘Pitik Bengil’ tak hanya memeriahkan datangnya Nyepi Tahun Baru Caka 1946, tetapi juga menjadi daya tarik wisata di Sanur, yang terkenal dengan objek wisatanya di Kota Denpasar.

Bagi Banjar Anggarkasih Sanur, kreativitas dan semangat berkarya tak mengenal batas anggaran. Nantikan kemeriahan ogoh-ogoh ‘Pitik Bengil’ pada malam pangerupukan bulan Maret mendatang! *m03

Komentar