nusabali

Paslon 1 di JIS, 2 di GBK, 3 di Jateng

Kampanye Terakhir Pemilu 2024

  • www.nusabali.com-paslon-1-di-jis-2-di-gbk-3-di-jateng

Capres-Cawapres 1 gelar ‘Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah’ di JIS, 2 adakan ‘Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju’ di GBK, dan pasangan 3 ‘Hajatan Rakyat’ di Solo dan Semarang.

SURAKARTA, NusaBali
Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyerukan kepada para pendukung agar memenangkan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo–Mahfud MD lewat satu putaran dalam ajang Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Megawati saat Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Sabtu (10/2/2024).

“Satu putaran, semua angkat tangan! Satu putaran. Sanggup? Sanggup? Sanggup?” kata Megawati.

Dia menuturkan apabila Ganjar–Mahfud menang satu putaran maka akan ada pesta besar. Namun, putri Proklamator RI Bung Karno itu mewanti-wanti agar tidak dibohongi. Megawati tidak ingin Ganjar-Mahfud kalah di Surakarta yang notabene dikenal sebagai ‘Kandang Banteng’ alias basis pendukung PDIP.

“Kalau nanti Ibu dengar, Surakarta kok kalah ya, terus piye, terus piye, terus piye, terus piye, benar? Janji? Nanti Ibu datang lagi loh,” ucapnya.

Selain itu, Megawati juga meminta warga Surakarta tidak takut diintimidasi dan tergoda karena diguyur bantuan sosial (bansos).

Dia ingin para relawan dan kader partai pendukung tetap setia memenangkan Ganjar-Mahfud.

“Jadi pilih pemimpin yang mengayomi kalian, bukan mengintimidasi, bukan lalu membuat kecurangan. Tolong dijaga ya!” kata Megawati.

Sementara Dewan Penasihat TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Puan Maharani meminta para pendukung Ganjar-Mahfud untuk tidak takut maupun gentar memilih pasangan calon nomor urut 3 pada 14 Februari 2024. Puan secara tegas meminta agar Solo Raya menangkan pasangan nomor urut 3.

Dalam kesempatan itu, Puan meminta semua pendukungnya untuk menjaga suara Ganjar-Mahfud di TPS. “Datang ke TPS, jaga TPS-nya sampai pemungutan suaranya selesai. Dan jangan ada yang turu (tidur) sampai perhitungan suaranya selesai,” ucap Puan.

Ketua DPP PDIP itu juga mengucapkan terima kasih ke para civititas academica yang menyuarakan kebenaran tentang Pemilu 2024 dan demokrasi. “Biarkan rakya memilih sesuai hati nuraninya. Biarkan rakyat memilih pemimpin seusai hatinya. Biarkan rakyat memilih Ganjar-Mahfud,” kata Puan

Ganjar-Mahfud usai melakukan kirab budaya pun, masuk di tengah-tengah lautan massa tersebut. Mereka disambut meriah meski para pendukungnya diguyur hujan sejak pagi. Yel-yel ‘Ganjar-Mahfud menang’ selalu berkumandang. Bahkan pekikan pilih nomor 3 juga senantiasa menghiasi kampanye akbar tersebut.

Yang menarik, saat Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Puan Maharani ingin berpidato, ribuan massa menyanyikan lagu yang belum pernah didengungkan. “Solo, Solo, Solo, bukan Gibran. Solo, Solo, Solo bukan Gibran,” pekik massa yang hadir di sana.

Foto: Paslon nomor urut 3 di Pilpres 2024, Ganjar Pranowo–Mahfud MD saat kampanye akbar Hajatan Rakyat Solo di Benteng Vantensburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). -IST

Sementara calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto meminta pendukungnya untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan memantau penghitungan suara sampai selesai pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

“Ke TPS, jaga surat suara, saudara. Coblos lalu tunggu sampai selesai. Tunggu sampai selesai,” kata Prabowo ketika memberikan pidato saat kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu kemarin.

Prabowo mengatakan bahwa hal itu demi mengantisipasi adanya kecurangan penghitungan surat suara di setiap TPS.

Penjagaan setiap TPS itu, lanjut dia, harus secara serempak di seluruh wilayah. Dengan penjagaan yang ketat tersebut, dia yakin hasil penghitungan suara akan berjalan dengan lancar dan aman.

Tidak hanya itu, dia juga meminta para pendukungnya untuk melapor jika terjadi potensi pelanggaran pemilu di lapangan.

Prabowo juga mengapresiasi antusiasme para pendukungnya yang telah hadir dalam acara kampanye terakhir bertajuk ‘Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju’.

“Luar biasa antusiasme rakyat. Jauh di atas rencana kita. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia, pendukung (pasangan calon) 2, semua petugas, semua aparat yang sudah bekerja keras,” kata Prabowo ketika ditemui setelah acara usai di Jakarta, Sabtu kemarin.

Dia menyampaikan permintaan maaf atas terjadinya kemacetan di lokasi kampanye di daerah-daerah.

“Saya juga minta maaf karena selama kampanye sering membuat macet di mana-mana. Semua kota yang kita kampanye, saya mohon maaf atas kemacetan,” kata dia.

Dia juga memohon maaf karena masih ada banyak daerah yang belum bisa dikunjungi selama masa kampanyenya.

Selama masa tenang menjelang pencoblosan Pemilu 2024, Ketua Umum Partai Gerindra itu mengungkapkan bahwa dirinya akan kembali dalam aktivitas sehari-hari.

“Saya kira tidak boleh kampanye pada masa tenang. Ya, mungkin kegiatan sehari-hari,” ujarnya.

Dia mengajak masyarakat untuk memberikan suara mereka pada hari pencoblosan pada 14 Februari mendatang.

“Kita harus datang ke TPS semuanya. Berbondong-bondong melihat kedaulatan rakyat dijalankan. Kita menyongsong demokrasi, kita menyongsong pelaksanaan kedaulatan rakyat,” pungkasnya.

Kampanye akbar ‘Pesta Rakyat: Untuk Indonesia Maju’ dihadiri oleh sejumlah tokoh politik, di antaranya Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), serta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep.

Selain itu, hadir pula tokoh-tokoh keagamaan, di antaranya Habib Luthfi bin Yahya dan Gus Miftah, serta beberapa artis dan pemengaruh, seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, dan Desta.

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Rosan Perkasa Roeslani menyebut jumlah pendukung yang hadir diperkirakan mencapai 600 ribu. Jumlah tersebut melebihi kuota yang diantisipasi sejak awal, yaitu sebanyak 500 ribu orang.

Foto: Foto udara ribuan simpatisan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran mengikuti kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Sabtu (10/2/2024). -ANTARA

Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar tampak menangis terharu dan ekspresi tersebut disambut pelukan dari calon presiden Anies Baswedan saat momen orasi penutup kampanye yang bertajuk Kumpul Akbar Ber1 Berani Berubah di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta, Sabtu kemarin.

Dalam orasi penutup itu, Anies berterima kasih kepada relawannya yang berjalan kaki hingga bersepeda ke JIS karena telah melalui hambatan dan tantangan. Di momen orasi Anies tersebut, Muhaimin tampak sesekali menyeka wajahnya.

“Terima kasih semuanya, terima kasih yang sudah berjalan kaki, yang telah naik sepeda, yang telah naik motor, yang telah melewati semua hambatan dan rintangan, terima kasih yang memilih berjuang," kata Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun melanjutkan orasi penutupnya dengan mengatakan bahwa keringat para relawan dan simpatisannya yang hadir di JIS itu merupakan keringat yang jernih seperti kristal, karena timbul dari hati yang tulus. Anies pun menyampaikan hal itu dengan berapi-api.

Setelah menyampaikan penutup, Anies pun menyapa para relawannya kemudian memeluk Muhaimin. Momen itu pun diiringi selebrasi dengan letusan dan semburan potongan kertas atau paper confetti.

Usai penutupan orasi, Anies dan Muhaimin pun meminta kepada operator acara untuk menyetel lagu yang dia sebut sebagai lagu perjuangan. Lagu perjuangan yang dimaksud adalah lagu ‘Maju Tak Gentar’.

Asisten Pelatih Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Tamsil Linrung optimistis pasangan Anies-Muhaimin lolos pada putaran kedua pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Kampanye Mas Anies Baswedan di JIS hari ini menandakan tingginya animo masyarakat terhadap pasangan AMIN. Masyarakat menginginkan perubahan, kami makin yakin lolos putaran kedua dan menang Pilpres,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), Muhammad Syaugi, menyebut kampanye akbar terakhir di Jakarta International Stadium (JIS) menjadi motivasi untuk memenangi Pilpres 2024.

Syaugi menjelaskan, dengan kehadiran pendukung yang memadati lapangan JIS, tribun penonton dengan kapasitas lebih dari 82 ribu orang, serta di bagian luar stadion, dirinya optimistis fakta itu menjadi representasi untuk mampu merebut kemenangan dalam pilpres.

“Dengan begitu banyak manusia yang berkumpul dan datang ke JIS, walaupun ada yang tidak masuk dan di luar banyak yang berkumpul, itu menunjukkan animo masyarakat yang begitu tinggi untuk perubahan,” kata Syaugi kepada Antara usai mendampingi pasangan AMIN berkampanye di JIS, Jakarta, Sabtu kemarin.

Mantan Kabasarnas itu menyampaikan, kekuatan utama dari pilpres adalah mengawal simpul-simpul utama dan 820 ribu lebih TPS dari tindakan curang oknum yang tidak bertanggung jawab, sehingga tidak boleh disepelekan. 7 ant, k22

Komentar