nusabali

Bisa Memohon Kesembuhan dari Penyakit Medis dan Non Medis

Melihat Kongco Akulturasi Bali-Tionghoa yang Tersembunyi di Jalan Nangka Selatan, Denpasar

  • www.nusabali.com-bisa-memohon-kesembuhan-dari-penyakit-medis-dan-non-medis

Jika terkena desti atau ilmu hitam, dimohonkan kepada Yang Mulia Kwan Kong, sedangkan untuk penyakit medis dimohonkan ke Dewi Kwan Im dan Gangga

DENPASAR, NusaBali
Selain kaya dengan akulturasi Hindu Bali dan Tionghoa, Kongco Pura Taman Gandasari juga menjadi tempat tujuan pengobatan secara niskala atau dikenal dengan kegiatan matamba oleh masyarakat Bali. Kongco yang berlokasi di Jalan Nangka Selatan, Gang Cendrawasih II, Banjar Umasari, Desa Dangin Puri Kaja, Denpasar ini memiliki Dewata 'tuan rumah' Yang Mulia Kwan Kong. Sehingga kongco ini juga disebut Kongco Kwan Kong Bio.

Kata Jero Mangku Semarajaya,44, Ketua Pengurus Kongco Pura Taman Gandasari, ada dua tempat di dalam kongco yang menjadi lokasi memohon tamba, yakni altar Yang Mulia Kwan Kong dan altar Dewi Kwan Im, serta Dewi Gangga.

"Tempat matamba ini tergantung penyakitnya itu apa, setelah bertanya kepada Dewa menggunakan alat yang disebut papwee," ujar Mangku Semarajaya ketika ditemui di kongco pada, Jumat (9/2) malam lalu.

Papwee ini lazimnya alat yang terbuat dari bambu. Dimana, penggunaannya dilakukan dengan cara melempar. Posisi sepasang bambu papwee yang telungkup atau terlentang memberikan makna masing-masing. Kata Mangku Semarajaya, jika sepasang bambu papwee telungkup artinya pertanyaan tidak disetujui Dewata. Apabila satu terlentang dan satu telungkup, artinya ya, pasti, disetujui. Kemudian, jika keduanya terlentang artinya tertawa (bisa ya, bisa tidak).

Foto: Patung Yang Mulia Kwan Kong yang terlihat dari altar tengah. -NGURAH RATNADI

"Ada juga ciamsi. Ciamsi di Yang Mulia Kwan Kong itu khusus untuk ramalan selama satu Kongzili yang di Dewi Kwan Im itu untuk pengobatan, berbahasa China kuno dan bahan resep obatnya sekarang sulit dicari," tutur Mangku Semarajaya.

Selain itu, permohonan tamba di dua tempat ini juga bergantung jenis penyakit. Jika terkena desti atau ilmu hitam, kata Mangku Semarajaya dimohonkan kepada Yang Mulia Kwan Kong. Sedangkan, untuk penyakit medis dimohonkan ke Dewi Kwan Im dan Gangga. Khususnya tamba yang dimohon kepada Yang Mulia Kwan Kong, umat biasanya diberikan tirta suci. Di mana, tirta ini diyakini mampu menetralisir ilmu hitam yang mengenai umat yang memohon tamba.

"Tahun lalu cukup banyak umat yang matamba ke sini. Yang utama adalah keyakinan pada diri. Jangankan umat, kami (pengurus kongco) juga memohon agar diberikan kesehatan sehingga bisa terus ngayah," kata Mangku Semarajaya yang juga prajuru di lingkungan Pura Dalem Kahyangan Badung ini. 7 ol1

Komentar