nusabali

Logistik Pemilu 2024 Mulai Dikirim

Surat dan Kotak Suara Didistribusikan H-2 Pencoblosan

  • www.nusabali.com-logistik-pemilu-2024-mulai-dikirim

Seluruh armada yang mengangkut logistik Pemilu 2024, wajib memenuhi persyaratan laik dari sisi fisik dan mesin kendaraan

SINGARAJA, NusaBali
Logistik Pemilu 2024 sudah mulai didistribusikan oleh KPU Kabupaten/Kota ke masing-masing desa/kelurahan, Kamis (8/2). Namun, logistik berupa surat dan kotak suara baru akan didistribusikan pada H-2 hari pencoblosan.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana saat persiapan pengiriman logistik pemilu mengatakan, untuk distribusi logistik selain kotak suara dilakukan selama dua hari secara bertahap. Logistik selain kotak suara yakni bilik suara, salinan Daftar Pemilih Tetap (DPT), salinan pemilih tambahan, alat tulis, daftar calon tetap legislatif, daftar pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Selain itu ada tanda pengenal Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), tanda pengenal Linmas, saksi serta formulir lainnya yang diperlukan dalam pemungutan suara.

Distribusi di hari pertama (kemarin,red) dijadwalkan untuk Kecamatan Buleleng, Sawan, Kubutambahan dan Tejakula. Selanjutnya, 5 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Sukasada, Banjar, Seririt, Busungbiu, dan Gerokgak akan dilanjutkan Jumat (9/2) hari ini. “Seluruh logistik diangkut menggunakan armada yang sudah diseleksi ketat oleh KPU Buleleng melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK),” ujar Dudhi.

Seluruh armada yang mengangkut logistik Pemilu 2024, wajib memenuhi persyaratan laik dari sisi fisik dan mesin kendaraan. Selain itu juga dipenuhi dengan terpal dua lapis untuk menjamin keamanan logistik Pemilu 2024 saat musim hujan. “Skema distribusi kotak suara nanti berbeda, kami mulai H-2 dari kecamatan terluar yang geografisnya sedikit berat dilalui, seperti ; Kecamatan Gerokgak, Seririt, Busungbiu, Tejakula dan Kubutambahan. Nanti sisanya Kecamatan Banjar, Sukasada, Sawan dan Buleleng menyusul di H-1,” beber Dudhi.

Foto: Logistik di Gudang KPU Tabanan yang siap dikirim, Kamis (8/2). -DESAK

“Seluruh logistik akan disimpan di masing-masing desa/kelurahan. Logistik baru didistribusikan ke masing-masing Tempat Pemungutan Suara pada hari H pencoblosan,” tegas Dudhi.

Sementara di Kabupaten Tabanan, rancangan pengiriman logistik bakal dilakukan dua hari. Hari ini rencananya mengirim logistik non kotak suara. Kemudian Jumat (10/2) besok dijadwalkan distribusi kotak suara. Untuk kotak suara, total ada sebanyak 7.725 kotak suara untuk 1.545 TPS yang siap dikirim. 

Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra mengatakan, KPU dan jajaran penyelenggaran telah siap melaksanakan pendistribusian logistik. Distribusi pertama bakal dilakukan terhadap logistik selain kotak suara. “Di luar kotak suara, mulai dari tanda pengenal saksi dan KPPS. Kemudian alat tulis, lem, daftar paslon, daftar calon tetap, salinan DPT, DPTB, dan bilik suara. Ini kita kirim 9 Februari,” ujar Suwitra, Kamis (8/2). 

Selanjutnya, kata Suwitra, Sabtu (10/2) besok dilakukan pengiriman surat suara. Total ada 7.725 dus yang dikirim. Dengan skema, pengiriman pertama dimulai dari dapil 2  meliputi Kecamatan Selemadeg, Selemadeg Barat, Selemadeg Timur dan Pupuan.  Kemudian dapil 3 meliputi Kecamatan Penebel-Baturiti. Selanjutnya dapil 4 meliputi Kecamatan Kediri dan Marga, serta dapil 1 meliputi Kecamatan Tabanan dan Kerambitan. “Pengiriman kita lakukan bertahap dan pagi hari,” beber Suwirta. 

Disebutkan dalam pengiriman logistik ini turut pula diperhatikan kondisi kendaraan. Karena sebelum logistik dikirim kendaraan bakal diuji kelayakan terlebih dahulu. “Dalam pengiriman bakal dikawal ketat oleh tim keamanan,” tegas Suwitra. k23,des

Komentar