nusabali

Dinas Perizinan Tabanan Ditarget PAD Rp 5,2 M

  • www.nusabali.com-dinas-perizinan-tabanan-ditarget-pad-rp-52-m

TABANAN, NusaBali - Tahun 2024 Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) ditarget untuk pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp 5.291.569.000. Target ini optimistis bakal dicapai, salah satunya dengan menggenjot retribusi bangunan dan gedung.

Pejabat Fungsional Bagian Penanaman Modal Dinas PMPTSP Tabanan I Nengah Arimbawa, mengatakan tahun 2024 target PAD untuk di Dinas Perizinan di target Rp 5,2 miliar lebih. Target ini bersumber dari berbagai bidang. “Mulai dari retribusi persetujuan bangunan gedung hingga retribusi penggunaan tenaga kerja asing,” ujarnya, Senin (5/2). 

Disebutkan dalam pencapaian target itu Dinas Perizinan optimis bakal mencapai. Salah satunya yang bakal digenjot adalah retribusi bangunan dan gedung. “Layanan jemput bola terus dijalankan, selain itu sosialiasi juga kami terus gencarkan,” kata Arimbawa. 

Di sisi lain di tahun 2023 capaian PAD di Dinas PMPTSP Tabanan tidak tercapai. Dari target Rp 5.301.440.000 hanya terealisasi Rp 2.069.054.596. Capain ini terealisasi bersumber dari retribusi IMB, retribusi izin trayek, dan retribusi IMTA (izin mempekerjakan tenaga asing). 

“Tahun lalu target tidak tercapai, hanya di angkat Rp 2 miliar. Salah satu alasannya karena masyarakat masih jarang mencari izin PBG (persetujuan bangunan dan gedung),” tandas Arimbawa. 7 des

Komentar