nusabali

Siswi SMPN 2 Bebandem Masuk Final Lomba Pidarta Undiksha

  • www.nusabali.com-siswi-smpn-2-bebandem-masuk-final-lomba-pidarta-undiksha

AMLAPURA, NusaBali - Siswi kelas IX/B SMPN 2 Bebandem, Karangasem, Ni Komang Yunitasari, lolos ke final Lomba Pidarta Bahasa Bali KMHDI (Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia) ke-28, Undiksha Singaraja 2024. Dia masuk 10 besar dengan skor tertinggi 231,5 hingga optimis meraih hasil optimal di final, Selasa (6/2).

"Secara teknis, tidak ada kendala, karena terus berlatih. Sebelum dan setelah lomba kontinyu latihan," jelas Kasek SMPN 2 Bebandem Ni Komang Tresna Winasih, di sela-sela memberikan pembinaan, di ruang kerjanya, Banjar Pande Sari, Desa/Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (3/2).

Nanti, kata dia, peserta masuk final 10 peserta terbaik se-Bali, tampil di panggung. Mengikuti lomba mulai babak penyisihan awalnya mengirim materi berupa video, 17 Januari, kemudian setelah video diseleksi, pengumuman masuk final Rabu (28/1). "Penilaian di babak penyisihan melalui video, nanti di final tampil langsung di depan dewan juri. Makanya, peserta final, mesti mempersiapkan diri secara fisik, mental dan kemampuan teknis, agar tidak grogi tampil di depan dewan juri," jelas Tresna Winasih.

Kata dia, faktor mental sangat memengaruhi penampilan. Oleh karena itu, persiapan secara non teknis sangat perlu. "Saya optimis siswa ini akan menang, karena berpengalaman, dan telah menguasai materi, tutur katanya sesuai sor singgih (tata bahasa) Bali," tambahnya.

Siswi Yunitasari yang intensif berlatih di bawah guru pembinanya, Ni Made Ayu Dwipayani, mengaku tidak menemui kendala. "Saya siap berlomba," ucap alumnus SDN 5 Bebandem tersebut.

Paling tidak, jelas Tresna Winasih, agar mampu mempertahankan nilai tertinggi yang dia dapatkan saat babak penyisihan. Saat babak penyisihan sebanyak 41 peserta ambil bagian, dan dirinya meraih skor tertinggi. "Saya berusaha menjadi yang terbaik buat nama baik sekolah dan nama Karangasem," janjis Yunitasari.k16

Komentar