nusabali

Debat Final Berjalan Adem, Kurang Panas

Prabowo Beberapa Kali Setuju Pendapat Capres Lain

  • www.nusabali.com-debat-final-berjalan-adem-kurang-panas

Capres Ganjar Pranowo mengatakan dirinya siap menerapkan kembali alokasi wajib anggaran untuk kesehatan sebesar 5 sampai 10 persen dari postur APBN

JAKARTA, NusaBali
Debat kelima atau debat final (terakhir) Pilpres 2024 bertema kesejahteraan sosial, pembangunan sumber daya manusia (SDM) dan inklusi di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2) malam, berlangsung cukup adem dan kurang greget jika dibandingkan debat-debat edisi sebelumnya. Dalam Debat Pilpres yang digelar KPU RI ini tidak banyak terlihat saling sindir antar Capres, bahkan mereka terlihat sama-sama menjaga intonasi dan menahan diri untuk tidak melepaskan kritikan terlalu pedas terhadap peserta lainnya.

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto juga terpantau beberapa kali menyatakan setuju dengan pendapat Capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Prabowo sepakat terhadap jawaban Anies diawali saat Anies membeberkan pentingnya memberi ruang luas bagi para budayawan untuk berekspresi, hingga merawat warisan-warisan budaya bangsa.

"Saya bisa menerima, saya juga setuju itu, kalau saya jadi presiden saya akan memikirkan Kementerian Kebudayaan. Kalau ide yang baik dari mana pun saya bisa terima dan saya dukung," kata Prabowo. Persetujuan Prabowo terhadap pernyataan Anies kedua terkait pentingnya memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia melalui perbaikan kesejahteraan guru. Melalui skema belanja pendidikan bukan sebagai biaya melainkan investasi.

"Secara garis besar, secara objektif saya menilai jawaban-jawaban Pak Anies baik, bagus, relevan, saya banyak setuju dengan jawaban tersebut," ucap Prabowo. "Mungkin maklum beliau mantan menteri pendidikan. tapi enggak, saya sangat sependapat," tegasnya. Persetujuan ketiganya terhadap ucapan Anies terkait dengan pengembangan teknologi, melalui investasi di sekolah-sekolah. Termasuk teknologi yang bisa mendukung penyandang disabilitas untuk memenuhi kebutuhannya.

"Sangat relevan, saya juga sependapat. Tetapi memang sekali lagi pemerintah harus lebih pro aktif, investasi di sekolah-sekolah khusus untuk mereka dan mencoba teknologi-teknologi khusus. Sekarang sudah banyak terobosan dalam teknologi untuk membantu kaum disabilitas," tutur Prabowo. Sementara saat penyampaian visi misi dan program Capres Prabowo Subianto berjanji akan membangun sebanyak tiga juta rumah, yaitu masing-masing satu juta rumah di pedesaan, perkotaan, hingga daerah pesisir.

"Saudara-saudara, kita akan membangun tiga juta rumah untuk mereka yang belum punya rumah. Satu juta di pedesaan, satu juta di pesisir, satu juta di perkotaan," ujar Prabowo ketika membuka segmen penyampaian visi, misi, dan program pada debat capres pamungkas di Jakarta Convention Center, Minggu malam. Janji pembangunan rumah itu termasuk ke dalam salah satu rencana besar yang dia usung bersama pasangannya, Gibran Rakabuming Raka, yang diberi nama Strategi Transformasi Bangsa.

Strategi Transformasi Bangsa, kata Prabowo bertujuan meningkatkan kemakmuran bangsa dan memperbaiki kualitas hidup manusia Indonesia. Pemberian makan bergizi untuk seluruh anak-anak Indonesia, juga termasuk dalam strategi itu. Lebih lanjut, demi mengatasi permasalahan kesehatan, Prabowo bakal membangun rumah sakit (RS) hingga puskesmas modern di setiap daerah di Indonesia. Sementara untuk mempercepat penyelesaian masalah kekurangan dokter, Prabowo berjanji akan memperbanyak fakultas kedokteran di Indonesia, dari 92 menjadi 300 fakultas kedokteran.

Tidak hanya itu, Prabowo juga menyebut akan mengirim 10 ribu lulusan SMA yang berprestasi untuk belajar kedokteran dan 10 ribu lainnya mempelajari bidang science, technology, engineering, mathematics (STEM) serta kimia, biologi, dan fisika. Dalam bidang pendidikan, ia berjanji akan memperbaiki gaji guru, termasuk yang masih berstatus honorer, sekaligus memberikan pelatihan dan penataran untuk memperbaiki kompetensi para pengajar. Berikutnya, dia menyebut penyelenggara negara, baik Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, hingga penyuluh pertanian, harus diperbaiki gajinya demi meningkatkan kualitas hidup.

"Seluruh penyelenggara negara, ASN, TNI, Polri, penyuluh-penyuluh pertanian di mana-mana, harus kita perbaiki gajinya sehingga kualitas hidup mereka akan baik," katanya.

Sedangkan Capres Anies Baswedan mengatakan bahwa investasi di sektor teknologi dan informasi (TI) harus mengutamakan sektor swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jika kelak terpilih sebagai presiden. Menurut Anies, langkah tersebut merupakan cara strategis untuk membangun kedaulatan manufaktur teknologi dan informasi di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor ponsel pintar mencapai angka yang besar, yakni Rp30 triliun. "Kami akan memanggil pelaku yang selama ini terlibat dalam investasi di sektor TI. Kami akan berikan semua kebutuhan mereka, tetapi pelakunya hanya untuk swasta dan BUMN," ujar Anies. Anies menegaskan bahwa semua kebutuhan yang diperlukan para pelaku usaha dan investor swasta maupun BUMN di sektor TI akan diberikan, baik perizinan maupun keleluasaan pajak.

Dengan demikian, gagasan membangun kedaulatan manufaktur teknologi dan informasi ke depannya akan dilakukan dengan pendekatan kolaboratif. Dalam hal ini negara merupakan regulator yang menyediakan ekosistem yang sehat. Di sisi lain, dia menuturkan bahwa pihaknya akan memprioritaskan investasi yang masuk dalam bentuk investasi padat karya yang didukung dengan perbaikan reformasi birokrasi dan pemberantasan korupsi.

"Ini akan memberikan lowongan kerja bagi masyarakat lokal. Ada tiga aspek fundamental, yakni akses, kecepatan, dan keamanan yang menjadi prioritas," ucap dia. Selain berkolaborasi dengan investor maupun pelaku usaha, Anies menyebutkan kolaborasi juga dengan mendatangkan pakar untuk melakukan alih teknologi bersama guna meningkatkan kualitas manusia dan inovasi di sektor teknologi dan informasi.

Sedangkan Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud Md siap menerapkan kembali alokasi wajib anggaran untuk kesehatan sebesar 5 sampai 10 persen dari postur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Menurut Ganjar alokasi wajib anggaran kesehatan tersebut menjadi salah satu aspek penting dalam meningkatkan angka harapan hidup Indonesia, yang berada di urutan ke-10 dari 11 negara Asia Tenggara berdasarkan World Population Prospects 2022.

"Hanya memang ketika undang-undang sebelumnya mengatur bahwa ada persentase dari anggaran untuk kesehatan mesti diberikan terpotong kemarin, rasanya ini mesti dikembalikan. Angka lima sampai sepuluh persen menjadi angka yang bisa memastikan dalam politik kesehatan kita, layanan itu untuk bisa lebih baik," kata Capres yang diusung PDIP-PPP-Hanura-Perindo ini. Ganjar juga mengatakan bahwa pemerintahannya kelak siap mendampingi sektor kesehatan untuk memenuhi kebutuhan rakyat Indonesia.

"Di samping itu tentu saja pemerintah mendampingi dalam setiap kebijakan yang ada, sehingga dalam politik anggaran ada persentase yang harus disiapkan agar anggaran kita mesti cukup untuk bisa memenuhi," ujarnya. Walaupun demikian, ia mengatakan bahwa langkah promotif dan preventif harus diwujudkan oleh tiap warga negara yang diwujudkan dengan berolahraga, konsumsi makanan sehat, dan gaya hidup sehat. Menurut dia, langkah promotif dan preventif penting untuk dilakukan.

Selanjutnya, kata dia, pemerintahan Ganjar-Mahfud pada tahap berikutnya akan menyediakan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa. "Maka pada tahap berikutnya barulah kita memberikan fasilitas kesehatan sampai ke desa-desa, seperti tadi, 1 Desa 1 Faskes 1 Nakes," tuturnya. Ganjar mengatakan angka usia harapan hidup tidak semata-mata dipengaruhi layanan kesehatan yang baik, tetapi juga hiburan yang baik melalui para budayawan untuk meningkatkan kebahagiaan.

"Kalau kita membicarakan angka harapan hidup maka terhadap mereka harus mendapatkan layanan kesehatan yang baik, mesti mendapatkan hiburan yang baik, budayawan juga bisa membantu mereka untuk bisa membahagiakan mereka, maka pada saat itu ada juga keinginan dari masyarakat kami ingin juga mendapatkan layanan yang baik, maka kalau kami mendapatkan layanan yang baik, maka kami merasa nyaman, kami senang dan hidup kami akan lebih panjang," tuturnya. Namun demikian, Ganjar mengatakan langkah-langkah tersebut akan dilakukan secara bertahap karena program tersebut merupakan langkah komprehensif untuk memperpanjang angka usia harapan hidup.

Sementara Ketua KPU, Hasyim Asy'ari saat membuka Debat Kelima Capres Pemilu 2024 di Balai Sidang Jakarta di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu malam  mengingatkan masyarakat Indonesia bahwa pemungutan suara Pilpres 2024 yang jatuh pada Rabu, 14 Februari 2024 menyisakan waktu 10 hari. "Dalam hitungan hari ke depan, tinggal 10 hari lagi, kita menuju hari pemungutan suara, yaitu hari Rabu, tanggal 14 Februari 2024," ujar dia.

Sementara itu, masa kampanye pasangan capres-cawapres akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024. Adapun waktu yang tersisa tujuh hari lagi ini dapat dimanfaatkan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih. "Dan tinggal tujuh hari lagi para peserta pemilu melaksanakan kampanye dalam rangka untuk meyakinkan para pemilih untuk memilih dirinya," jelasnya.  7 ant

Komentar