nusabali

Badung Rancang Trotoarisasi di Ungasan

Langkah Solusi Genangan Air di Jalan Pura Batu Pageh Ungasan

  • www.nusabali.com-badung-rancang-trotoarisasi-di-ungasan

MANGUPURA, NusaBali - Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Badung merancang membangun trotoar di Simpang Ungasan Banjar Kauh Pura Puseh pada tahun ini. Langkah ini diambil sebagai solusi untuk mengatasi masalah genangan air yang sering terjadi di Jalan Pura Batu Pageh, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Made Suardika mengatakan pembangunan trotoar sekaligus saluran drainase di wilayah tersebut tengah dirancang. Proyek ini bertujuan untuk mengurangi risiko banjir yang kerap terjadi di Jalan Pura Batu Pageh saat musim hujan.

“Di 2024 ini akan dibuat saluran drainase dan trotoar di sana. Namanya kegiatan Pembangunan Trotoar Simpang Ungasan Banjar Kauh Pura Puseh. Namun kalau di Jalan Raya Uluwatu itu kewenangan provinsi, karena itu jalan provinsi. Kami hanya di Ungasan ke arah timur,” ujarnya, Jumat (2/1) pagi.

Suardika menjelaskan proyek ini telah melalui tahap survei untuk menentukan dimensi saluran drainase dan trotoar yang akan dibangun. Besaran anggaran dana yang dialokasikan untuk proyek ini sekitar Rp 15 miliar dan dijadwalkan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Diperkirakan proyek ini memiliki panjang 1,8 kilometer, yakni dari simpang Ungasan tepatnya di perempatan Nirmala Supermarket sampai Pura Puseh. Namun, angka tersebut baru dari hasil survei lapangan dan akan dikaji ulang. “Kami belum bisa memastikan berapa, hasil survei lapangan akan kami kaji lagi. Seperti apa desainnya, nanti di sana muncul berapa panjangnya,” tegasnya.

Suardika juga menambahkan pembuangan air itu nantinya akan diarahkan ke dekat Pura Puseh, tetapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut bersama tim untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pembuangan air tersebut. “Yang jelas akan digodok lagi, akan didetailkan seperti apa, agar lebih efektif dan efisien,” ucapnya. 7 ol3

Komentar