nusabali

Bupati Sanjaya Hadiri Nyineb di Pura Basukian

  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-hadiri-nyineb-di-pura-basukian
  • www.nusabali.com-bupati-sanjaya-hadiri-nyineb-di-pura-basukian

TABANAN, NusaBali - Prosesi upacara Penyineban serangkaian Karya Ngenteg Linggih, Nubung Pedagingan, Pedudusan Agung dan Tawur Balik Sumpah di Pura Basukian Puseh Jagat, Besakih, Karangasem, dihadiri  Bupati Tabanan Dr I Komang Gede Sanjaya, Kamis (1/2). Bupati Sanjaya didampingi Sekda Tabanan Gede Susila para asisten, kepala OPD hingga pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan.

Panyineban ditandai ritual Nuwek Bagia Pula Kerthi. Tujuan utama dari ritual ini untuk mengukuhkan atau memuliakan kembali kedudukan atau Linggih Niyasa tempat suci sebagai pemujaan Ida Sang Hyang Widhi/Tuhan Yang Maha Esa. Linggih ini berupa padmasana, sanggah pemerajan ataupun pura setelah selesai dibangun. Selain itu, untuk memberikan penghormatan kepada Ida Bhatara yang berstana di Pura setempat serta untuk membersihkan diri dan memperkuat nilai-nilai spiritual diri sebagai umat.


Apresiasi yang tinggi diungkapkan oleh Bupati Sanjaya, saat menyaksikan betapa antusiasnya masyarakat Tabanan dalam mengikuti persembahyangan ini. "Luar biasa semangat rakyat Tabanan dalam mengikuti persembahyangan, semuanya berkomitmen mengikuti rangkaian acara sejak awal. Ini membuktikan semangat kita dalam menjaga kerahayuan jagat Bali, dan juga menunjukkan shrada bhakti kita kepada para leluhur. Saya selaku Bupati, sangat berbangga dan apresiasi sekal," ujar Sanjaya singkat.

I Wayan Sukarta selaku panitia karya yang saat itu ditemui di lokasi, menyampaikan terima kasihnya atas kontribusi Pemkab Tabanan dalam mengikuti karya. "Kami merasa sangat bangga, karena penganyar Tabanan sangat antusias tiap harinya mencapai 300-400 orang di Besakih," sebutnya.7des

Komentar