nusabali

RKPD Jembrana 2025 Tekankan 4 Isu Strategis

  • www.nusabali.com-rkpd-jembrana-2025-tekankan-4-isu-strategis

NEGARA, NusaBali - Badan Perencana Pembangunan (Bappeda) Jembrana menggelar forum konsultasi publik penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Jembrana Tahun 2025 di Ruang Rapat Jimbarwana Pemkab Jembrana, Rabu (31/1). Dalam forum tersebut, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengungkap ada empat isu strategis yang ditekankan dalam RKPD Jembrana 2025.

Empat isu itu, diantaranya kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), pemerataan pembangunan wilayah yang didukung infrastruktur berkualitas dan lingkungan yang berkelanjutan. Pembangunan ekonomi berkualitas dan berkelanjutan, dan peningkatan kehidupan berdemokrasi serta reformasi birokrasi dan inovasi daerah.

"Berdasarkan isu itu, rencana tema pembangunan Kabupaten Jembrana Tahun 2025 adalah peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembangunan infrastruktur yang handal sebagai modal dasar transformasi pembangunan," kata Bupati Tamba.

Forum konsultasi publik dihadiri seluruh OPD di lingkungan Pemkab Jembrana, Kepala Badan Pusat Statistik Jembrana, dan sejumlah organisasi kemasyarakatan. Menurut Bupati Tamba, pelaksanaan forum konsultasi publik ini merupakan amanat dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017. Pelaksanaan forum konsultasi publik ini bertujuan memperoleh pandangan dari berbagai sektor tentang arah kebijakan program pembangunan tahun 2025.

‘’Forum konsultasi publik sebagai langkah untuk menyerap aspirasi, masukan, serta sebagai media terbuka bagi pemangku kepentingan dari seluruh stakeholder. Untuk menelaah, menganalisa dan mengkaji dokumen rancangan awal RKPD ini, untuk dapat dikonsultasikan agar seluruh stakeholder mengetahui dengan jelas dan mengikuti arah kebijakan program pembangunan tahun 2025," ucap Bupati Tamba.

Melalui forum konsultasi publik, Bupati Tamba berharap dapat menyerap aspirasi, masukan, serta ide dan gagasan dari seluruh pemangku kepentingan di Jembrana. Masukan dan saran tersebut nantinya akan digunakan untuk menyempurnakan rancangan awal RKPD Jembrana 2025. "Kami berharap proses konsultasi publik penyusunan RKPD 2025 bisa berjalan dengan baik dan lancar sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai," ujarnya.7ode

Komentar