nusabali

Pilih Jadi Bendesa dan Dosen

3 Pejabat Eselon IIb Purnatugas

  • www.nusabali.com-pilih-jadi-bendesa-dan-dosen

AMLAPURA, NusaBali - Tiga pejabat eselon IIb di Pemkab Karangasem memasuki purnatugas. Mereka beralih jadi bendesa adat, dosen, kelian pangempon Pura Jagatnatha, dan prajuru banjar adat.

Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa bersama Sekda I Ketut Sedana Merta melepas ketiga pejabat eselon IIb, itu di Aula Kantor Bupati Karangasem Jalan Ngurah Rai Amlapura, Selasa (30/1).

Ketiga mantan pejabat eselon IIB yang memasuki purnatugas, I Putu Arnawa mantan Staf Ahli Bupati Karangasem, I Gede Ngurah Yudiantara mantan Asisten III dan I Wayan Sudarsana mantan Asisten II.

I Putu Arnawa walau tidak lagi aktif di birokrasi mengaku suntuk ngayah sebagai Kelian Pangempon Pura Jagatnatha Amlapura, dan Dosen di STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Hindu Amlapura, I Gede Ngurah Yudiantara sebagai penasihat Banjar Adat Pekandelan, Desa Adat Karangasem, dan I Wayan Sudarsana sebagai Bendesa Adat Jungsri, Desa/Kecamatan Bebandem.

"Pengabdian saya beralih ngayah di Pura Jagatnatha selaku kelian pangempon Pura Jagatnatha, dan sehari-hari jadi dosen di STKIP Hindu Amlapura," jelas I Putu Arnawa yang juga mantan Kadis Kebudayaan Karangasem.

Dia mengaku berlatarbelakang pendidikan bidang agama, sehingga lebih tepat ilmu pengetahuan itu diabdikan di bidang agama, bertemu pamangku dan para pangayah. Sibuknya hanya selama rangkaian piodalan di Pura Jagatnatha.

I Putu Arnawa menambahkan, semua pejabat akan mengalami hal yang sama, karena terikat aturan. "Siapapun pejabatnya kalau umurnya menginjak 60 tahun, akan purnatugas," jelasnya.

Yudiantara mengaku sejak lama sebagai penasihat Banjar Adat Pekandelan, sebelum memasuki purnatugas. "Aktif membangun desa," katanya.

Begitu juga Sudarsana setelah 4 tahun jadi Bendesa Adat Jungsri. "Selama ini saya berupaya membagi waktu sebagai Bendesa Adat Jungsri, dan menjalankan tugas-tugas dinas. Kali ini setelah purnatugas, fokus ngayah di desa," jelas Sudarsana yang mantan Inspektur pada Inspektorat Daerah Karangasem.

Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengapresiasi pengabdiannya ketiga mantan pejabat itu semasih aktif di birokrasi. Walau telah purnatugas, hubungan dengan para pejabat masih tetap terjalin. "Saya mengapresiasi, walau telah purnatugas, masih aktif mengabdi di bidang lain, sangat berguna untuk masyarakat," jelas Artha Dipa.

Sekda I Ketut Sedana Merta juga memberikan apresiasi atas pengabdiannya selama ini di Pemkab Karangasem. Hadir sejumlah pimpinan OPD, menyaksikan acara perpisahan, turut mengantar ketiganya agar dalam pengabdiannya di masyarakat sangat bermanfaat buat masyarakat.7k16

Komentar