nusabali

Jalan Jaksa Agung R Soeprapto Gantikan Nama Jalan Terminal Mengwi

  • www.nusabali.com-jalan-jaksa-agung-r-soeprapto-gantikan-nama-jalan-terminal-mengwi

MANGUPURA, NusaBali.com - Jalan yang melintas di depan Terminal Tipe A Mengwi, Desa Mengwitani, Kecamatan Mengwi, Badung resmi berganti nama pada Selasa (30/1/2024).

Jalan yang menghubungkan Taman Rama Shinta dengan Jalan Denpasar-Gilimanuk mendekati perbatasan Kabupaten Badung dan Tabanan ini dikukuhkan menjadi Jalan Jaksa Agung R Soeprapto.

Peresmian nama jalan ini dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bali Dr R Narendra Jatna dan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta pada pintu masuk jalan di simpang Taman Rama Shinta.

"Hari ini Kepala Kejaksaan Tinggi Bali, Bapak R Narendra Jatna meresmikan nama Jalan Jaksa Agung R Soeprapto," kata Giri Prasta kepada awak media usai pengukuhan nama jalan pada Selasa siang.

Perubahan nama Jalan Terminal Mengwi ini ditandai dengan penyiraman tirta dan pemecahan kendi di tiang plang nama jalan oleh Kajati Bali dan Bupati Badung.

"Hari ini peresmian Griya Adhyaksa Narendra Kejaksaan Negeri Badung sekaligus mengukuhkan nama Jalan Jaksa Agung R Soeprapto," ujar Dr Narendra usai peresmian asrama pegawai Kejaksaan Negeri Badung itu di gedung kejaksaan yang sementara masih beralamat di Jalan Terminal Mengwi Nomor 5 Mengwitani.

Kata Kajati, Jaksa Agung R Soeprapto adalah seorang modernis lembaga Kejaksaan RI pada tahun 1950-an. Soeprapto disebut sebagai yang memulai mutasi jaksa secara nasional. Ia juga bergelar Bapak Kejaksaan.

"Semoga penamaan jalan ini menjadi simbol, Kejaksaan Tinggi Bali dan Kejaksaan Negeri Badung lebih modernis, serta memberikan semangat buat kita mengabdi untuk bangsa dan negara," ungkap Kajati Dr Narendra.

Perubahan nama Jalan Terminal Mengwi menjadi Jalan Jaksa Agung R Soeprapto ini dinilai lebih representatif terhadap keberadaan Kantor Kejaksaan Negeri Badung yang berlokasi di timur Terminal Tipe A Mengwi.

Nama jalan yang representatif untuk Kejaksaan Negeri Badung ini juga dibarengi dengan kenaikan tipologi kejaksaan negeri itu yang kini sudah menyandang Tipe IA sejak tahun 2023 silam. *rat

Komentar