nusabali

Pengganti Surat Suara Rusak Tiba

Logistik Pemilu di Buleleng Sudah Lengkap

  • www.nusabali.com-pengganti-surat-suara-rusak-tiba

SINGARAJA, NusaBali - Pengisian kekurangan ribuan lembar surat suara karena rusak hasil sortir lipat di KPU Buleleng sudah tiba seluruhnya, Sabtu (27/1). Kedatangan surat suara itu melengkapi seluruh logistik untuk Pemilu 2024 di Buleleng. Kini KPU Buleleng hanya perlu waktu 3-4 hari untuk memasukkan kekurangan surat suara ke kotak yang sudah di-setting.

Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana dihubungi, Sabtu kemarin mengatakan, distribusi kekurangan surat suara hasil sortir lipat sudah tiba di gudang logistik pada Jumat (26/1) dan Sabtu (27/1) kemarin. Seluruh kekurangan surat suara tersebut di drop dari KPU Bali. “Untuk surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten itu datang Jumat, untuk surat suara DPD dan Calon Presiden dan Wakil Presiden sudah tiba tadi (kemarin,red). Jadi sekarang sudah lengkap semua,” ucap Dudhi. 

KPU Buleleng hanya perlu 3-4 hari untuk menyortir dan melipat kembali pengganti surat suara yang rusak. Kemudian surat suara itu akan dimasukkan ke dalam kotak suara yang sebelumnya sudah di-setting. “Surat suara yang kurang sudah kami petakan jumlah kotak suara dan desanya. Yang kurang kemarin belum disegel, jadi nanti tinggal dimasukkan kekurangannya,” imbuh Dudhi.

Menurut Dudhi, kelengkapan logistik Pemilu 2024 untuk Kabupaten Buleleng membuat KPU Buleleng optimis penyelenggaraan pesta demokrasi berjalan lancar. Dia menyebut untuk pendistribusian logistik ke masing-masing desa dan kelurahan akan dilakukan pada H-1 pencoblosan yakni Selasa (13/2) mendatang. 

“Sistem pendistribusian logistik ke masing-masing desa akan dikoordinir oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Logistik akan dijemput PPK ke gudang logistik pada H-1 pencoblosan. Kemudian baru didistribusikan ke masing-masing desa/kelurahan pada hari pencoblosan pada Rabu (14/2) mendatang. PPK juga yang akan menyediakan armada yang mengangkut logistik,” tegas Dudhi. 

“Pendistribusian dari gudang logistik ke masing-masing desa diswakelolakan oleh PPK yang paling tahu kondisi di wilayahnya. Tetapi syarat penyediaan truk kami ketatkan tidak boleh sembarangan,” imbuh Dudhi. 

Kata Dudhi, Armada yang digunakan mengangkut logistik harus dipastikan layak pakai, tidak kendaraan tua, kondisi mesinnya bagus, ban kendaraan tidak gundul dan ketentuan lainnya. Hal ini ditekankan kepada seluruh PPK agar distribusi logistik tidak terkendala karena terjadi gangguan teknis kendaraan. k23

Komentar