nusabali

KPU Buleleng Lantik 15.925 KPPS, Bangli Siap Terjunkan 5.614 Orang

  • www.nusabali.com-kpu-buleleng-lantik-15925-kpps-bangli-siap-terjunkan-5614-orang

SINGARAJA, NusaBali - Sebanyak 15.925 Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di 2.275 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Buleleng pada coblosan Pemilu, 14 Februari 2024 dilantik serentak, Kamis (25/1) kemarin. Seluruh anggota KPPS sudah mulai bertugas setelah dilantik. Tugas pertamanya menyebarkan Form C6 (pemberitahuan memilih ke TPS).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buleleng, Komang Dudhi Udiyana Kamis, mengatakan pelantikan KPPS dilakukan serentak di Kabupaten Buleleng. Menurutnya petugas KPPS sudah menjalankan tugasnya per 25 Januari sesuai dengan SK (Surat Keputusan). 

Selanjutnya mereka akan mengikuti bimbingan teknis (bimtek) tentang proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS. “Lalu, dilanjutkan dengan penyebaran C Pemberitahuan Memilih. Penyebaran C pemberitahuan ini paling lambat H-6. Kalau H-3 pemilih tidak ditemukan, C pemberitahuan dikembalikan ke PPS setempat,” ucap Dudhi.

Dudhi juga menegaskan, surat C pemberitahuan memilih ini masih bisa diambil di PPS. Warga yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024, juga tetap bisa memilih tanpa membawa C pemberitahuan. Syaratnya dengan membawa e-KTP dan menunjukkan sudah terdaftar dalam DPT.

Suasana pelantikan KPPS di Balai Banjar Blungbang, Kelurahan Kawan, Bangli, Kamis (25/1). -IST

“Kalau belum dapat C pemberitahuan karena mungkin saat KPPS ke sana sedang ada di luar kota atau sedang tidak di rumah, warga tetap masih bisa memilih asal sudah ada di DPT. Itu bisa dicek dalam aplikasi Cek DPT Online, sudah kelihatan di sana lengkap sampai TPS tempat mencoblos,” papar Dudhi.

Sementara di Bangli, sebanyak 5.614 KPPS dilantik secara serentak di masing-masing desa/kelurahan pada Kamis. Pelantikan 5.614 KPPS mendapat pemantauan dari KPU Bali. 

Komisioner KPU Bangli, I Made Surya Dharma Yudha mengatakan, jumlah KPPS di Kabupaten Bangli sebanyak 5.614 orang. Menurut Surya Dharma, pelantikan KPPS dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. “Untuk di Bangli di lakukan oleh masing masing PPS di masing-masing desa dan kelurahan,” ujar Surya Dharma.

Pasca pelantikan ini, seluruh KPPS diingatkan agar melaksanakan tugasnya dengan baik, serta menjaga kode etiknya yakni dengan menjaga netralitas. “KPPS sudah resmi menjadi bagian dari penyelenggara. Diharapkan setelah pelantikan tidak ada KPPS yang mengundurkan diri,” ujar Surya Dharma. k23,esa

Komentar