nusabali

Palestina dan Suriah Tembus 16 Besar

  • www.nusabali.com-palestina-dan-suriah-tembus-16-besar

DOHA, NusaBali - Palestina dan Suriah melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.  Suriah memimpin klasemen peringkat tiga terbaik dengan 4 poin, diikuti Palestina di peringkat kedua. Sedangkan Bahrain di peringkat tiga, diikuti Indonesia di peringkat empat, masing-masing dengan nilai 3.

Palestina ke 16 besar, setelah menang telak 3-0 atas Hong Kong dalam laga terakhir Grup C, di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Selasa (23/1) malam Wita. Sedangkan di Grup A, Suriah menang 1-0 atas India. 

Palestina membuka keunggulan atas Hong Kong saat laga baru berjalan 11 menit lewat tandukan, Oday Dabbagh.  Pada menit ke-28, Hong Kong kehilangan bek andalannya, Vas Nunez, yang harus ditarik keluar karena cedera parah. Pelatih Jorn Andersen pun memasukkan Li Ngai Hoi sebagai pengganti.

Palestina kembali mencetak gol saat babak kedua baru berjalan tiga menit lewat tandukan Zeid Qunbar. Palestina menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-61 lewat kaki Oday Dabbagh. 

Pada injury time, Hong Kong mendapatkan penalti setelah kapten Palestina, Mus'ab Al Battat, melakukan hand ball di kotak terlarang. Namun, eksekutor Hong Kong, Everton Camargo, membuang peluang untuk memperkecil kedudukan.

Palestina pun memastikan kemenangan 3-0 dan melangkah ke 16 Besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari tim peringkat ketiga terbaik setelah mengoleksi empat poin dari tiga laga.

Pada pertandingan lain di Grup C Piala Asia 2023, Iran menang 2-1 atas Uni Emirat Arab (UEA). Hasil itu membuat UEA lolos ke 16 besar sebagai runner-up Grup C meski memiliki jumlah poin sama dengan Palestina, karena unggul selisih gol.

Namun, Suriah juga meraih kemenangan 1-0 atas India dan memastikan mengakhiri fase grup dengan memiliki empat poin, satu satu poin di atas Indonesia yang memiliki tiga poin dari dua laga.

Dengan begitu, posisi Indonesia di pemeringkatan posisi ketiga terbaik Piala Asia 2023 ada di posisi keempat atau jatah terakhir untuk ke 16 besar. Indonesia butuh hasil imbang atas Jepang untuk naik ke posisi yang lebih baik di klasemen kecil itu, atau jika memungkinkan menang atas Jepang untuk lolos sebagai runner-up Grup D.

Karena jika sampai kalah dari Jepang, Indonesia akan benar-benar menggantungkan nasibnya ke hasil dari laga Grup F yang mempertemukan Kirgistan kontra Oman. ant

Komentar