nusabali

Pemkab Gianyar Raih Penghargaan Kategori A

Penyelenggara Pelayanan Publik

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-raih-penghargaan-kategori-a

GIANYAR, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Gianyar menorehkan prestasi dalam hal pelayanan publik. Pemkab Gianyar, 4 organisasi perangkat daerah (OPD), dan 2 UPTD Puskesmas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gianyar berhasil meraih Penghargaan Predikat Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 Kategori A dengan nilai akhir 94,33 dari Ombudsman Republik Indonesia. 

Hadir, Sekda Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta, pimpinan perangkat daerah, dan Kepala Puskesmas di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Gianyar. Ada pun OPD dan UPTD Puskesmas yang dinilai di antaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Puskesmas Blahbatuh II, dan Puskesmas Gianyar II. Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bali Ni Nyoman Sri Widhiyanti mengatakan, setiap tahun Ombudsman RI menyelenggarakan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Pada tahun 2023 Kabupaten Gianyar mengalami kenaikan sangat signifikan. “Pada tahun 2022 masih ada beberapa OPD yang nilainya di bawah 90, tapi di tahun 2023 semuanya sudah di atas 90. Awalnya nilai rata-rata di tahun 2022 masih 89, sudah meningkat menjadi 94 sekian. Kenaikan cukup signifikan,” kata Sri Widhiyanti. “Di tingkat nasional ada di peringkat 41 dari 262 yang clean and clear,” lanjutnya. Sri berharap pada penilaian tahun berikutnya pelayanan publik Pemkab Gianyar bisa lebih baik dan bisa ditingkatkan lagi.

Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa sangat mengapresiasi langkah-langkah Ombudsman dalam melakukan pengawasan terhadap kepastian pelayanan publik yang diberikan Pemkab Gianyar kepada masyarakat.  “Setiap tahun indikator terus diperbaharui sehingga kualitas pelayanan publik akan semakin baik. Bukan peningkatan nilai saja tetapi memberikan peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” kata Dewa Tagel Wirasa. Dia berkomitmen untuk terus meningkatkan dan memberikan pelayanan publik yang paripurna bagi masyarakat. 7 nvi

Komentar