nusabali

Vietnam vs Indonesia, Laga Penentu Nasib Kedua Tim

  • www.nusabali.com-vietnam-vs-indonesia-laga-penentu-nasib-kedua-tim

DOHA, NusaBali - Indonesia dan Vietnam akan berjibaku pada matchday kedua Grup D Piala Asia 2023, di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Jumat (19/1) malam, pukul 22.30 Wita. Laga tersebut akan menentukan nasib Indonesia maupun Vietnam.

Pada matchday pertama, Indonesia dan Vietnam menelan kekalahan. Indonesia kalah 1-3 dari Irak dan Vietnam kalah 2-4 dari Jepang. Hasil itu membuat kedua tim harus menang saat berjumpa untuk membuka peluang lolos ke 16 besar.

Indonesia tampil cukup solid pada duel lawan Irak. Yakob Sayuri dapat banyak pujian karena aksinya. Sedangkan di kubu Vietnam, ada Nguyen Dinh Bac (19 tahun) yang mampu mencuri perhatian, dengan dua kali membobol gawang Jepang.

Indonesia dan Vietnam cukup sering berjumpa pada level ASEAN. Saat ini, rekor pertemuan berpihak pada Vietnam. Dalam lima laga terakhir, Vietnam tidak pernah kalah dan tiga kali menang. Vietnam juga hanya sekali kebobolan.


Meski demikian, pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) mengatakan, para pemainnya punya keinginan kuat merebut kemenangan dari Vietnam pada laga kedua fase grup Piala Asia 2023, Jumat malam ini.

STY menaruh harapan tinggi pada para pemainnya, utamanya karena susunan pemain timnas yang diboyong ke Qatar banyak terdiri dari pemain asing yang punya pengalaman merumput di turnamen luar negeri.

Pelatih asal Korea Selatan itu berharap dapat memecah kebuntuan dari rekor pertemuan Skuad Garuda senior yang masih kalah dari The Golden  Star. Dari 10 laga terakhir, Indonesia baru menang satu kali dan Vietnam empat kemenangan. Sedangkan lima laga lainnya berakhir imbang.

Foto: Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) dan pesepakbola Timnas Indonesia Jordi Amat (kanan) menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers di Main Media Centre (MMC), Doha, Qatar, Kamis (18/1/2024). -ANTARA

Kedua tim terakhir bertemu di semifinal Piala AFF 2022 dalam dua leg. Pada laga pertama 6 Januari 2023 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, kedua tim imbang 2-2. Namun pada leg kedua di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, 9 Januari 2023, Skuad Garuda dikalahkan tim tuan rumah 0-2 dan agregat menjadi 4-2.

Namun di persaingan Grup D Piala Asia, STY menilai pertemuan timnya dengan tim asuhan Philippe Troussier itu akan berlangsung sengit karena saling berkeinginan lolos ke 16 besar.

"Indonesia dan Vietnam sudah bermain bersama dalam beberapa waktu, dan tidak hanya di Piala Asia tapi juga kualifikasi Piala Dunia. Kami punya pemain yang berpengalaman dan itu aset penting bagi kami," kata Shin.

STY menyatakan laga melawan Vietnam akan menjadi penentu nasib skuad asuhannya untuk terus melaju ke 16 besar Piala Asia 2023. So, kedua tim harus meraih kemenangan agar tidak tersingkir dari fase grup.

Setelah Vietnam, Indonesia masih memiliki pertandingan ketiga melawan Jepang. Namun melihat kualitas permainan dan peringkat Jepang di Asia, peluang Indonesia mendulang poin kemenangan dari Jepang terbilang kecil.

Sedangkan Vietnam meski juga mengalami kekalahan saat menghadapi Jepang, Minggu, namun tim berjuluk The Golden Star itu mampu memberikan kesulitan bagi lawannya. Bahkan Vietnam sempat unggul 2-1 atas tim Samurai Blue, sebelum dibalas dengan kekalahan 2-4.

STY menilai pertemuan timnya dengan tim asuhan Philippe Troussier itu akan berlangsung sangat sengit. Kedua tim juga sudah berulang kali bertemu dalam sejumlah turnamen, sehingga sudah saling memahami karakter permainan lawan masing-masing. Shin juga melihat ekosistem sepakbola di Asia Tenggara sedang berkembang. Oleh karenanya baik Indonesia dan Vietnam pun dipastikan akan bermain ngotot demi mengunci kemenangan perdana di ajang tersebut. 7 ant

Perkiraan Susunan Pemain
Vietnam (3-4-2-1): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Pham Xuan Manh, Nguyen Thai Son, Nguyen Tuan Anh, Vo Minh Trong; Do Hung Dung, Nguyen Dinh Bac; Pham Tuan Hai. Pelatih: Philippe Troussier.

Indonesia (3-4-2-1): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Ivar Jenner, Justin Hubner, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Rafael Struick. Pelatih: Shin Tae-yong.

Komentar