nusabali

Krama Subaya Siapkan Ngusaba Sambah

  • www.nusabali.com-krama-subaya-siapkan-ngusaba-sambah

BANGLI, NusaBali - Krama Adat Desa Subaya, Desa Subaya, Kecamatan Kintamani, Bangli, akan melaksanakan upacara Ngusaba Sambah, raspati Wage Tolu, Kamis (18/1). Upacara yang berlangsung di Pura Bale Agung tersebut sebagai wujud syukur krama kepada Ida Bhatara.

Perbekel Subaya I Nyoman Diantara mengatakan Ngusaba Sambah dilaksanakan setiap tahun sekali. Ngusaba dilaksanakan bulan/sasih ke tujuh (kapitu) atau kedelapan (kaulu) dalam kalender Bali. Puncak upacara akan berlangsung pada Kamis malam tepat pukul 24.00 Wita.

Upacara akan dipuput oleh Jro Kubaya. "Upacara ngusaba ini sebagai wujud syukur serta memohon keselamatan. Selain itu usaha yang dijalan oleh masyarakat dapat berjalan lancar," jelasnya, Rabu (17/1).

Lanjutnya, untuk pelaksanaan upacara ini sudah dilakukan persiapan sejak beberapa beberapa pekan. Ada beberapa proses atau tahapan yang dilaksanakan krama dan peduluan. "Dalan upacara Ngusaba Sambah salah satu bagian dari upacara ini dibuat ayunan yang di puncaknya terdapat linggih Ida Bhatara," sebutnya.

Ayunan ini sebagai persembahan bagi Ratu Ayu Mas Subandar/Ida Bhatara Ratu Tegeh.  Ayunan atau yang biasa disebut sanggah oleh masyarakat dan pada puncak akan dihaturkan bhakti/banten.

"Untuk linggih Ida Bhatara (Sanggah) dibuat pada 14 Januari. Proses pembuatan melibatkan semua krama," kata Nyoman Diantara.

Setelah upacara atau Ida Bharata katuran masineb, dilanjutkan keesokan harinya maayunan. Ayunan boleh dinaiki oleh masyarakat desa Subaya. Seluruh krama secara bergantian menaiki ayunan yang tinggi belasan meter.7esa

Komentar